facebook

Bukan hanya Satu Jenis, Ini 9 Pembagian Genre pada Tulisan

Teri Ulandari
Bukan hanya Satu Jenis, Ini 9 Pembagian Genre pada Tulisan
Ilustrasi seorang penulis.[Pexels/Anthony Shkraba]

Ada yang hobi menulis? Menulis itu kegiatan yang di ajarkan kepada kita sedari kecil, Orang-orang yang mengajarkan kita menulis adalah kedua orang tua dan guru kita, lalu diaplikasikan pada pena dan buku

Namun, semakin bertambah dewasa, kita akan mengetahui jika menulis tidak hanya melalui buku dan pena. Menulis bisa dilakukan pada media elektronik seperti handphone, laptop, tablet dan lain sebagainya.  Bukan hanya itu, tulisan juga dibagi menjadi dua genre yaitu fiksi dan non fiksi

Fiksi adalah genre dalam kepenulisan yang pengelolaannya melalui imajinasi seorang penulis. Fiksi juga di bagi menjadi beberapa jenis, yaitu:

1. Sci-fi

Jenis fiksi ini merupakan fiksi ilmiah, berisikan cerita yang memiliki konsep tentang keilmiahan atau teknologi-teknologi canggih. Contohnya: Serenity

2. Horror

Jenis fiksi ini berisikan cerita-cerita yang membuat para pembaca merasakan ketakutan. Biasanya berisikan tentang makhluk-makhluk halus dan lain sebagainya. Contohnya: Me to Hell

3. Romance

Jenis tulisan ini memiliki alur untuk menggiring pembaca dalam hal percintaan. Kebanyakkan kisah yang diceritakan merupakan dua orang manusia yang saling jatuh cinta. Contohnya: Ayat-ayat cinta

4. Mystery

Jenis tulisan ini merupakan karya yang membuat para pembaca menerka-nerka dan terus berpikir untuk memecahkan masalah atau suatu hal yang terjadi pada cerita. Contohnya: Sherlock Holmes

5. Fantasi

Jenis tulisan ini berisikan tentang penyihir-penyihir, supranatural, peri-peri, dan lain sebagainya yang menjadi tokoh dalam cerita yang disajikan sang penulis. Contohnya: Harry Potter. 

6. Fanfiction

Cerita dengan jenis ini adalah imajinasi seorang penggemar yang menyukai idola mereka. Misal, fangirl yang menyukai salah satu boyband Korea Selatan.

7. Humor

Jenis fiksi yang membuat pembaca yang membaca cerita tersebut merasa terhibur, tertawa hingga terpingkal-pingkal. Contohnya: Sketsa. 

8. Historical fiction

Jenis fiksi ini adalah jenis fiksi yang sesuai dengan kehidupan, tetapi pada waktu atau masa lampau yang berbeda. Contohnya: The Dealth to come. 

9. Adventure

Jenis fiksi terakhir adalah adventure yang berisikan petualangan-petualangan terkadang tidak harus perjalanan jauh, tapi bisa juga hal tersebut mengubah kehidupan orang lain atau diri sendiri. Contohnya: Lima Sekawan. 

Terkadang juga, genre fiksi tidak hanya memiliki satu jenis, ada juga penulis yang menggabungkan dua genre seperti romance-fantasi, horror-mystery, dan  lain sebagainya. 

Sedangkan, non fiksi adalah genre yang berisikan aktualitas atau benar-benar terjadi, tidak terlalu menggunakan imajinasi, cenderung ke penelitian. Tulisan-tulisan yang bergenre ini seperti: artikel, jurnal, skripsi, buku pelajaran, esai, biografi, pidato, opini, dan ensiklopedia. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak