facebook

Membaca dan Menabung, Dua Hobi Menjadi Satu!

Rizky Melinda Sari
Membaca dan Menabung, Dua Hobi Menjadi Satu!
Ilustrasi menabung (pexels)

Bercerita tentang kegiatan selama pandemi hingga new normalada berbagai macam hal dan hobi baru yang aku coba, mulai dari yang berhasil sampai yang gagal. Aku berusaha memanfaatkan masa-masa ini untuk mencoba hal-hal baru yang sebelumnya tidak sempat aku coba.

Salah satu hal baru yang aku coba selama pandemi hingga new normal ini adalah kegiatan menabung. Namun, menabung yang aku lakukan ini berbeda dari menabung biasa. Ada semacam challenge atau tantangan tersendiri yang membuat aku semakin bersemangat untuk menabung.

Kegiatan baru ini berkaitan dengan hobiku yaitu membaca. Ada salah satu akun instagram sesama pegiat literasi yang mengadakan semacam challenge untuk menyimpan uang sebesar Rp5.000,00,- setiap kali kita berhasil menamatkan sebuah buku. Aku langsung tertarik untuk ikut.

Awalnya, aku bingung bagaimana cara mengelola uang dan menyisihkannya untuk menabung, karena jujur selama ini uang yang kudapat hanya dibiarkan begitu saja tanpa dicatat pemasukan dan pengeluarannya.

Dengan mengikuti challenge ini, aku merasa sekarang menabung sudah berkembang menjadi hobi baruku. Selain membuat semangat membacaku semakin tinggi, kegiatan ini juga membuat uangku lebih terkumpul dan tidak terbuang untuk membeli barang-barang yang tidak perlu.

Rencananya, challenge ini akan diadakan selama satu tahun penuh. Aku baru memulainya pada bulan Januari ini, dan uang yang terkumpul sudah lumayan banyak karena memang sekarang sedang masa liburan, sehingga kaku memiliki banyak waktu untuk membaca.

Kamu sebenarnya juga bisa menerapkan tantangan ini untuk dirimu sendiri, meskipun dengan cara yang berbeda. Kamu bisa menyisihkan beberapa nominal dari uangmu untuk ditabung setelah berhasil melakukan sesuatu.

Dalam kasusku, aku menyisihkan uang sebesar Rp5.000,00,- ketika berhasil menyelesaikan membaca satu buah novel, kamu bisa menggantinya sesuai dengan keinginan dan hobimu sendiri. Jangan lupa untuk membuat catatan perkembangan agar kamu tahu sudah sejauh mana keberhasilan kamu dalam menabung.

Kamu juga bisa menetapkan goals atau impian barang yang kamu beli, tentukan berapa harga atau dana yang harus disiapkan untuk membelinya. Dengan demikian, selain hobimu tetap terjaga dan konsisten, kamu juga bisa sekalian menabung. Sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak