facebook

9 Pekerjaan Ini Cocok untuk Orang yang Suka Menulis, Bisa Dicoba

Teri Ulandari
9 Pekerjaan Ini Cocok untuk Orang yang Suka Menulis, Bisa Dicoba
illustrasi seseorang sedang menulis.[Pexels/Keira Burton]

Sebagai seseorang yang hobi menulis, kamu pasti bertanya-tanya pekerjaan apa yang cocok buat kamu yang hobi menulis, agar pekerjaan yang dikerjakan bisa mendapatkan uang sekaligus menyalurkan hobi, sangat seru pastinya bukan? 

Berikut beberapa pekerjaan yang cocok untuk kamu yang suka menulis:

1. Penulis Buku

Menjadi penulis buku sangat cocok buat kalian yang hobi menulis, selain menyalurkan hobi, kalian bisa menerbitkan buku untuk kenang-kenangan, bisa dilihat anak cucu kalian nanti. Dan pastinya menghasilkan uang! 

2. Content Writer

Pekerjaan ini sedang naik daun, loh. mengapa? Karena, di dunia digital pada saat ini banyak sekali perusahaan-perusahan yang membutuhkan jasa seorang content writer. Content writer merupakan pekerjaan menulis di mana mereka menulis di situs web. Seperti, menulis artikel di website. 

3. Copy Writer 

Pekerjaan ini hampir sama dengan content writer, berbedanya jika content writer menulis di website-webstite. Maka, copy writer menulis di perusahaan periklanan dengan tujuan promosi dan jasa. Disini kamu diharuskan menulis promosi yang bisa memikat orang-orang agar membeli barang atau jasa dari perusahaan tersebut.

4. Blogger

Kalian pasti sudah sering mendengar kata blogger, bukan? Iya, bener sekali. Blogger adalah panggilan untuk orang-orang yang suka menulis di blog. Orang-orang ini sering menulis tentang keseharian mereka, tentang hal-hal yang mereka sukai, opini mereka, dan masih banyak lagi lainnya. Dan jika ini sudah di Indeks oleh Google. Kalian juga akan mendapatkan uang, loh! 

5. Ghost Writers

Eits, jangan salah arti ya. Ghost writer bukanlah orang yang menulis cerita horor atau hantu. Ghost writer adalah penulis bayangan. Jadi, kalian mencari uang dari tulisan yang kalian buat. Akan tetapi, nama yang tercantum bukan atas nama kalian. Namun, pekerjaan ini bayarannya sangat tinggi, loh! 

6. Jurnalis

Selanjutnya, jurnalis pekerjaan menulis berikut ini berkecimpung pada dunia media massa. Disini kalian membuat berita, melaporkannya, dan menganalisis berita yang terjadi pada masyarakat. 

7. Co-writer

Co-writer atau penulis pendamping adalah pekerjaan menulis berdasarkan gagasan orang lain. Lalu, tugas kalian adalah menuliskannya semenarik mungkin. 

8. Penulis Naskah

Penulis naskah atau penulis skenario adalah orang-orang yang bekerja menulis naskah untuk sebuah project film, drama, sinetron, dan lain sebagainya. Pekerjaan ini cocok untuk kalian yang hobi nonton dan menulis. 

9. Novelis

Novelis adalah panggilan untuk penulis novel atau pengarang novel fiksi. Yang bekerja dengan menulis cerita fiksi yang dijadikan sebuah buku. 

Itulah sembilan pekerjaan untuk kalian yang suk menulis. Gimana kalian tertarik salah satunya? Atau kalian ingin menjadi salah satunya? 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak