facebook

5 Hal Tak Tampak yang Jarang Dipersiapkan Solo Traveler Pemula

dian kristiana
5 Hal Tak Tampak yang Jarang Dipersiapkan Solo Traveler Pemula
Ilustrasi solo traveler. (Unsplash.com/Artem B)

Apa yang menjadikan kalian doyan dengan kegiatan yang dinamakan jalan-jalan atau biasa disebut traveling. Teman jalan, hobi, tempat yang akan dituju atau sekadar healing yang akhir-akhir ini menjadi tren.

Adakah dari kalian yang doyan traveling sendiri? Atau banyak dari kalian yang merasa keder duluan sebelum jalan karena ketakutan yang mungkin bisa saja terjadi kepada semua orang.

Hal yang sangat wajar untuk memulai semuanya sendiri. Tapi, cobalah minimal sekali dalam hidup. Sekalipun itu susah, pasti ada saja hal yang memaksa kita untuk melakukan semuanya sendiri. Kalian akan merasakan sensasinya sendiri.

Ok, mungkin bagi para pemula akan terasa sulit, tapi saya akan berbagi sedikit pengalaman solo travel. Pastikan kalian melakukan perjalanan ini sendiri ya, karena namanya solo traveler itu jalan sendiri, kecuali kalian mendapatkan teman jalan di tengah perjalanan. 

Berikut ini hal-hal yang perlu dipersiapkan bagi solo traveler pemula. Simak baik-baik ya!

1. Mental

Yes, yang pasti pertama dipersiapkan adalah mental. Tidak hanya yang tampak saja yang perlu dipersiapkan, tapi dalam diri kita juga harus ada yang dipersiapkan. Tidak banyak orang memikirkan ini, tapi ini sangat dibutuhkan.

Kalian juga akan belajar bagaimana untuk mengontrol diri sendiri di waktu sendiri. Untuk jalan sendiri dibutuhkan mental yang kuat, apalagi menjelajah ke daerah orang yang mungkin saja berbeda sama sekali adat dan budayanya.

Jika memiliki mental yang mudah drop, mungkin akan sedikit susah jika ingin berbaur dan beradaptasi dengan sekitar. Belajarlah sesuatu dari hal baru, baik itu suasana atau dalam hal terjepit sekalipun. Mental akan dengan tidak sengaja terbentuk.

2. Bahasa

Bahasa adalah yang krusial. Kendala bahasa ini cukup dasar untuk apapun itu kesalahpahaman. Jika kalian hanya traveling di daerah Indonesia saja, pastikan kalian bisa menggunakan bahasa Indonesia yang bisa di mengerti dengan semua orang, bukan hanya orang daerah saja.

Jika kalian saja tidak bisa menggunakan bahasa ibu dari suatu daerah itu maka akan sedikir susah berbaur atau bahkan mengeksplor daerah tersebut.

Jika kalian ingin solo travel ke luar negeri, pastikan kalian minimal bisa mempergunakan bahasa Inggris yang cukup umum dan bisa digunakan dimanapun berada. Ingat, bahasa adalah kunci utama untuk menjalin hubungan dengan sekitar. 

3. Budget

Apapun kegiatannya dipastikan kalian harus memiliki budget. Pastikan kalian memiliki budget lebih. Bukan berarti budget lebih untuk foya-foya. Budget lebih ini dipergunakan untuk jaga-jaga jika ada sesuatu yang menimpa dan butuh budget lebih untuk menyelesaikannya.

Pastikan kalian juga merekap semua budget yang dibutuhkan. Biasakan untuk merekap budget yang akan dikeluarkan, guna meminimalisir pengeluaran yang pastinya akan membengkak. Pergunakan budget yang ada dengan bijaksana.

Ingat juga, sebaiknya jika kalian ingin traveling pastikan budget kalian ada ya. Kalau bisa jangan pernah menggunakan pay later, karena ini bukan kebutuhan bulanan yang selalu ada.

Jika kalian ingin menggunakan pay later, mungkin traveling kalian akan terasa nyaman, tapi untuk traveling selanjutnya akan memikirkan travel yang kemarin saja belum terbayar dan sekarang sudah traveling lagi.

Ingat, traveling ini untuk self reward/hobi ataupun healing, bukan untuk ajang pamer dan memenuhi like di sosmed.

4. Planning

Apapun kegiatan pasti dibutuhkan planning. Apalagi jika kalian melakukan itu semuanya sendiri, maka akan extra planning dan dipastikan harus matang.

Jangan pernah hanya membuat satu planning saja, selalu buat rencana cadangan. Dikarenakan apa yang kita rencanakan tidak semuanya berjalan sesuai yang diharapkan.

Planning juga akan membuat kalian menjalankan traveling lebih rapi dan meminimalisir kegiatan yang melompat lompat. Planning yang rapi juga akan menekan budget. Apapun yang dijalankan dengan rapi, maka semua akan berjalan lebih baik dan lebih menguntunkan. 

5. Manfaatkan teknologi

Untuk sekarang teknologi sudah sangat maju dan dipastikan bisa sangat membantu perjalanan. Semua bisa dipermudah dengan teknologi yang tersedia.

Aplikasi pendukung traveling, baik untuk akomodasi, penginapan, jelajah tempat atau fasilitas lainnya yang kita butuhkan. Pastikan jika kalian ingin traveling, unduh aplikasi yang bisa membantu dan mempermudah perjalanan dan juga saat di tempat tujuan. Minimal miliki dua aplikasi pendukung guna pembanding mana yang lebih masuk akal menurut kita.

Sip, ok. Untuk sesi awal persiapan solo travelling sudah selesai, coba kalian persiapkan dengan matang untuk setiap perjalanan. Maka, perjalanan akan minim sekali dengan apa yang dinamakan kesalahan. Untuk selanjutnya, mungkin saya bisa berbagi apa yang tampak dan harus dipersiapkan saat solo travelling.

Yuk, coba solo travelling minimal sekali saja!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak