facebook

Awas! 5 Makanan Ini Ternyata Berbahaya untuk Kucing

Aprilia Putri
Awas! 5 Makanan Ini Ternyata Berbahaya untuk Kucing
Ilustrasi kucing (Pexels.com/@Peng Louis)

Kucing menjadi salah satu hewan peliharaan yang digandrungi oleh banyak orang. Selain cantik dan tampak menggemaskan. Kucing bisa menjadi teman main yang mengasyikan bagi pemiliknya.

Sebagai cat lovers tentunya kesehatan kucing adalah yang paling utama. Mulai dari perawatan hingga makanannya harus begitu diperhatikan. Namun, terkadang kita pernah memberikan kucing kita secuil makanan seperti, biskuit ataupun makanan rumah. Ternyata hal tersebut bisa saja berbahaya bagi anabul kesayangan, lho.

Ada beberapa jenis makanan yang berbahaya atau bahkan bisa menjadi racun untuk kucing tercinta. Mau tau apa saja? Yuk simak baik-baik!

1. Daging dan telur mentah

Kucing memang merupakan makhluk karnivora. Namun, daging dan telur mentah dapat membahayakan si kucing. Kok bisa?

Dilansir dari Nature's protection, daging dan telur mentah memiliki banyak bakteri berbahaya untuk dikonsumsi. Tidak hanya berbahaya untuk kucing, tapi untuk hewan lainnya. Daging dan telur mentah mengandung bakteri seperti, Salmonellosis, parasit bawaan, dan lain-lain.

Infeksi bakteri dapat menyebabkan muntah, diare, demam. Dalam kasus serius, hal tersebut bisa saja menyebabkan kematian.

2. Tulang

Jika kamu suka memberikan kucingmu tulang ikan atau ayam, sebaiknya hindari dari sekarang. Tulang dapat membuat kucing tersedak, merusak gigi, dan melukai saluran pencernaannya.

3. Produk mengandung susu

Kucing memang akan suka apabila diberi susu, tetapi hal tersebut ternyata tidak baik untuknya. Hal tersebut dikarenakan kucing tidak bisa mencerna laktosa dengan mudah.

Dilansir dari Hillspet.com, sejak kecil kucing hanya minum laktosa dari air susu induknya. Oleh karena itu, mereka akan kesulitan mencerna susu sebab tubuh mereka tidak dilengkapi dengan pengenalan laktosa. Susu bagi kucing dapat menyebabkan sakit perut atau diare.

4. Cokelat

Mungkin beberapa orang sudah mulai mengetahui hal ini. Benar bahwa cokelat dapat membahayakan kucing. Mengutip dari Hillspet.com, hal tersebut dikarenakan cokelat yang mengandung zat methylxanthinez dapat menyebabkan muntah, diare, suhu tubuh meningkat, tremor pada otot, dan gangguan-gangguan lainnya.

5. Bawang-bawangan

Bawang merah maupun bawang putih juga bahaya bagi anabul tercinta. Bawang-bawangan tersebut dapat menyebabkan kerusakan pada sel darah merah kucing dan menyebabkan anemia. Apalagi jika dimakan dalam jumlah besar, dapat menjadi racun.

Jika kamu menemui gejala seperti, nafsu makan berkurang, lemah, lesu, gusi pucat dan urin berwarna oranye hingga merah tua, sebaiknya segera cek di dokter hewan.

Nah, itu dia kelima makanan yang berbahaya untuk kucing kesayangan. Ayo lindungi si anak bulu menggemaskan agar selalu sehat dan lincah!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak