facebook

5 Tanaman Hias yang Cocok untuk Ruang Kerja

Chrisna Chanis Cara
5 Tanaman Hias yang Cocok untuk Ruang Kerja
Ilustrasi Sirih Gading.[Unsplash/Severin Candrian]

Lokasi kerja adalah tempat kita menghabiskan waktu terbanyak selain di rumah. Oleh karena itu, tentu kita perlu mendesain ruang kerja senyaman mungkin agar semangat kerja bertambah. Jika Anda hobi bercocok tanam, Anda bisa membawa sejumlah tanaman hias agar ruang kerja lebih terkesan hijau dan sejuk.

Namun Anda perlu memilih tanaman yang cocok ditaruh di dalam ruangan. Sebab, tak semua tumbuhan bisa ditaruh di indoor karena butuh cahaya matahari yang cukup. Berikut ini sejumlah tanaman hias yang cocok untuk ruang kerja, seperti dilansir Dengarden.com:

1. Kaktus

Kaktus adalah pilihan termudah untuk tanaman hias di ruang kerja. Ada lebih dari 2.000 jenis kaktus di dunia dengan tampilan dan warna yang berbeda-beda, hampir semuanya cocok diletakkan di kantor. Kaktus sangat mudah dirawat karena hanya butuh sedikit air untuk bertahan hidup.

Tanaman ini juga tidak butuh sinar matahari seharian. Pertimbangkan varietas Myrtillocactus, Echinocereus schmollii, atau Cleistocactus winteri, karena semuanya cocok di dalam ruangan.

2. Sirih Gading

Sirih gading adalah tanaman yang lazim ditemui di gedung perkantoran atau fasilitas umum lain. Tanaman ini memang mudah dirawat dan tak perlu terkena sinar matahari langsung. Sirih gading bahkan bisa ditanam langsung di media air. Anda bisa menaruh tanaman tersebut di meja kerja ataupun rak buku Anda.

3. Lemon Balm

Tanaman dari famili Mint ini tak hanya mampu bikin tampilan kantor makin cantik. Lemon balm punya aroma menenangkan yang dipercaya dapat meningkatkan suasana hati. Hal ini tentu akan sangat membantu menaikkan mood Anda saat bekerja.

Lemon balm juga dapat menjadi campuran minuman untuk menambah kesegaran. Berbeda dengan tanaman kantor lain yang tahan kering, lemon balm membutuhkan sedikit kelembaban. Jadi, pastikan rutin menyiramnya setiap hari.

4. Palem Bambu

Apabila ruangan kantor Anda cukup besar, pohon palem bambu bisa menjadi tambahan menarik di sudut ruangan. Tanaman ini hanya membutuhkan sedikit cahaya. Meski demikian, pertumbuhannya bisa  sangat cepat. Artinya, Anda perlu rutin memangkasnya agar tanaman tetap rapi.

Selain memberi kesan hijau, palem bambu mampu menghisap racun atau polusi di udara. Untuk pilihan yang lebih kecil, cobalah bambu hoki. Tanaman ini terlihat seperti bambu tetapi sebenarnya adalah anggota dari keluarga lily. Letakkan bambu hoki di dalam piring berisi air untuk menghiasi meja kantor.

5. Lili Paris

Lili paris atau spider plant adalah tanaman yang populer untuk menghiasi ruangan. Selain bentuknya yang menarik. tanaman ini membutuhkan perawatan yang minim. Anda tak perlu rutin menyiramnya karena lili paris mampu bertahan dengan air yang sedikit.  

Menurut kajian University of Hawaii, lili paris dapat menghilangkan bahan kimia atau senyawa organik yang mudah menguap (atau VOC) dan polutan dari udara.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak