facebook

4 Manfaat Memancing bagi Kesehatan Tubuh, Tidak Hanya Sekadar Hobi

Rizky Melinda Sari
4 Manfaat Memancing bagi Kesehatan Tubuh, Tidak Hanya Sekadar Hobi
Ilustrasi memancing (pexels/Lum3n)

Kegiatan memancing merupakan salah satu kegiatan yang digemari kaum pria. Para pria bahkan rela menempuh perjalanan yang cukup jauh hanya untuk menemukan lokasi memancing yang strategis bagi mereka.

Selain memberikan kesan keseruan dan kegembiraan, ternyata hobi memancing juga memiliki berbagai manfaat atau dampak positif bagi kesehatan, lho! Dikutip dari Health Fitness Revolution serta huffington Post, berikut ini adalah beberapa manfaat positif dari kegiatan memancing bagi kesehatan tubuh dan jiwa.

1. Meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh

Biasanya kegiatan memancing di lakukan di pinggir sungai atau sumber air dan tentu saja terpapar sinar matahari. Berjemur saat memancing dapat memenuhi kebutuhan vitamin D bagi tubuh, tentunya dalam jangka waktu atau durasi yang tepat dan sesuai.

Vitamin D sendiri merupakan salah satu vitamin yang diperlukan oleh tubuh untuk membantu penyerapan kalsium serta fosfor. Kedua zat gizi ini jika tersedia dalam jumlah yang cukup mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

2. Membuat tubuh dan pikiran menjadi rileks

Sama seperti hobi atau kegiatan seru lainnya, memancing juga dapat menjadi salah satu alternatif untuk membuat seseorang merasa rileks. Ketika sedang asyik memancing, para pemancing juga bisa sekalian menikmati pemandangan dan udara sejuk yang ada di sekitar.

Biasanya, lokasi memancing jauh dari keriuhan serta kesibukan kota yang penuh polusi. Apalagi jika memancing di tempat yang masih alami dan asri, hal ini akan semakin membuat pemancing merasa tenang dan rileks.

3. Aktivitas sehat untuk kardiovaskular

Berbagai aktivitas yang dilakukan saat memancing ternyata juga dapat membakar kalori dengan rata-rata 200 kalori per jam. Aktivitas seperti berjalan mencari lokasi yang tepat, menggulung pancingan, hingga aktivitas lainnya yang membuat tubuh bergerak juga dapat menyehatkan tubuh.

4. Menguatkan otot

Kegiatan memancing merupakan salah satu kegiatan yang memerlukan tenaga dan otot. Meskipun hanya mendapat ikan yang kecil, seorang pemancing tetap harus mengeluarkan tenaga ekstra untuk menarik dan membawa ikan tersebut. Mulai dari bagian bahu, punggung, hingga kaki, semua ikut bergerak aktif.

Itulah empat manfaat dari hobi memancing bagi kesehatan tubuh dan jiwa. Setiap hobi pada dasarnya jika dilakukan dengan cara yang tepat dan porsi yang sesuai akan membawa dampak yang positif bagi pelakunya. Jadi, apakah memancing termasuk salah satu hobimu?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak