facebook

3 Tips agar Kegiatan Menulis tetap Seru, Jangan Membuat Target Berlebihan

Rizky Melinda Sari
3 Tips agar Kegiatan Menulis tetap Seru, Jangan Membuat Target Berlebihan
Ilustrasi penulis (Pexels.com/Judit Peter)

Salah satu hobi yang digemari saat ini adalah kegiatan menulis. Entah itu menulis cerita, content writer, atau pekerjaan yang berhubungan dengan tulis-menulis lainnya. Sama seperti hobi lainnya, terkadang kita pasti pernah merasa jenuh ketika menulis, apalagi jika dilakukan setiap hari tanpa jeda.

Menulis selalu berhubungan dengan imajinasi dan kreativitas. Sumber atau inspirasi dalam menulis juga bisa berasal dari berbagai hal, mulai dari lingkungan sekitar hingga tempat wisata yang baru saja kita kunjungi. Agar hobi menulis kita tetap terasa seru dan asyik dilakukan, kamu bisa menerapkan beberapa tips sederhana berikut ini.

1. Menulis sesuatu yang kamu sukai

Melakukan segala sesuatu yang kita sukai pastinya akan membuat kita senang dan bahagia, begitu pula ketika menulis. Jika kamu senang menulis tentang perasaan yang sedang kamu rasakan, maka tulislah tenang itu. Jika kamu memusatkan tulisanmu pada hal yang kamu sukai, kamu akan melakukannya dengan senang hati.

Dengan demikian, kamu tidak akan merasa tertekan, terbebani, merasa lelah, dan lain sebagainya. Kamu justru merasa menikmati setiap prosesnya. Begitu pula ketika menulis cerita. Ketika kamu menulis cerita yang kamu sukai, kamu tidak akan sadar sudah menulis sebegitu banyak.

2. Tulis saja apa yang terlintas di benakmu

Sebelum menjadi seorang penulis yang profesional, tidak ada salahnya jika kamu menuliskan apa saja yang sedang kamu rasakan atau terlintas di benakmu. Tidak usah mempedulikan berbagai aturan penulisan yang baik beserta berbagai aturan lainnya. Intinya tulislah apa yang terlintas di benakmu.

Ketika sudah selesai, barulah kamu bisa membaca ulang dan belajar mengoreksi sendiri tulisanmu. Jika kamu mengoreksi sembari menulis, yang ada kamu malah terus fokus pada kesalahan dan akhirnya kamu merasa bahwa tulisanmu tidak akan bisa selesai.

3. Jangan membebani diri atau melewati batas

Sesuka apapun kita pada sesuatu, pasti ada batas waktu tertentu yang membuat kita bisa menikmatinya. Begitu pula dengan menulis. Jangan membuat target yang terlalu besar atau melewati batas kemampuanmu sendiri, karena bisa jadi kamu malah jadi jenuh dan tidak tertarik lagi untuk menulis.

Buatlah target yang rasional, sesuaikan dengan kemampuan dan waktu yang kamu miliki. Suatu aktivitas akan terasa menyenangkan jika kita menjalaninya dengan prinsip let it flow. Dengan kata lain, kita akan merasa senang melakukan sesuatu jika di bawah tekanan target tertentu.

Itulah tiga tips yang bisa kamu terapkan agar hobi menulismu tetap asyik dan seru untuk dilakukan. Kunci utamanya adalah tahu batasan dan kemampuan diri sendiri. Jangan membebani diri dengan target yang tidak masuk akal. Nikmati setiap prosesnya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak