facebook

5 Tips Menulis ala J.K. Rowling, Riset Mendalam Salah Satunya

Rizky Melinda Sari
5 Tips Menulis ala J.K. Rowling, Riset Mendalam Salah Satunya
Ilustrasi menulis (pixabay/emerson23work)

Siapa yang tidak mengenal sosok J.K. Rowling. Terutama bagi para penggemar novel dan film Harry Potter. Seperti kita ketahui bersama, sepak terjang dan perjuangan J.K. Rowling sebelum sukses seperti sekarang tidaklah mudah. Banyak hal yang telah ia lakukan dan perjuangkan hingga berada di titik ini.

Dalam hal menulis, kita semua pasti pernah mengalami yang namanya writer's block atau keadaan ketika tidak mood untuk menulis, kehabisan ide, atau bahkan hanya sekadar malas untuk menulis kembali. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu terapkan dari J.K. Rowling untuk meningkatkan semangat menulismu.

1. Hindari menulis hal yang tidak disuka

Tidak usah menulis sesuatu yang tidak kamu sukai. Menulis adalah sebuah perjalanan panjang dan tidak mudah. Jika kamu tidak senang dengan apa yang kamu tulis, kamu pasti akan selalu tergoda untuk berhenti begitu saja. Jika kita menulis hal yang kita sukai, kita bisa menikmati setiap prosesnya dengan senang hati.

2. Buat jadwal atau hari khusus untuk menulis

Agar kamu bisa menjaga konsistensi menulismu, kamu harus bisa menentukan jadwal atau hari khusus untuk kamu menulis. Jangan biarkan hal lain menganggu jadwal menulismu itu. Fokus dan curahkan semua perhatianmu ketika berada pada jadwal atau hari untuk menulis.

3. Bacalah banyak buku

Jika ingin tulisan kita bagus dan berkualitas, J.K. Rowling menyarankan agar kita sering-sering dan banyak-banyak membaca buku. Imajinasi kita akan semakin berkembang dan sudut pandang kita akan semakin luas seiring banyaknya buku yang kita baca.

4. Buat pola campuran

Agar cerita yang kita tulis semakin menarik dan tidak membosankan, kita harus pandai memainkan plot dan alur cerita. Buatlah plot maju mundur agar cerita yang dibuat bisa semakin berkembang dan tidak membosankan. 

5. Riset mendalam

Sebelum mulai menulis sebuah cerita, pastikan untuk selalu melakukan riset mendalam terlebih dahulu. Terkadang, tulisan yang kita buat berhenti begitu saja di tengah jalan karena kita kurang riset. J.K. Rowling sendiri perlu waktu lima tahun untuk riset sebelum menulis novel Harry Potter.

Itulah lima tips yang bisa kamu terapkan ketika menulis agar semangat menulis kita tetap terjaga serta tulisan kita semakin berkualitas dan berkembang. Naskah yang baik adalah naskah yang bisa selesai. Jadi, sekarang jangan abaikan naskah yang sedang kamu tulis, mulailah menulis kembali. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak