facebook

4 Tips Membaca Buku Nonfiksi, Jangan Asal Setuju dengan Isinya

Rizky Melinda Sari
4 Tips Membaca Buku Nonfiksi, Jangan Asal Setuju dengan Isinya
Ilustrasi membaca buku (pexels/Cristian Benavides)

Buku-buku dengan genre nonfiksi terkadang sering dianggap kurang seru jika dibandingkan dengan buku-buku fiksi. Padahal, jika kita bisa menerapkan beberapa tips yang tepat, kita tetap bisa menikmati buku nonfiksi dengan asyik.

Apalagi, ada banyak sekali buku nonfiksi sekarang ini yang menawarkan hal-hal baru serta pola pikir dan sudut pandang yang beragam. Salah satu manfaat membaca buku nonfiksi adalah kita jadi lebih terbuka, memiliki wawasan yang luas, dan tentu saja pengetahuan kita jadi bertambah.

Lalu, apa saja kira-kira tips membaca buku nonfiksi agar tidak mengantuk dan bosan? Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu terapkan ketika sedang membaca buku nonfiksi agar tetap seru dan anti bosan.

1. Pilih buku yang sesuai dengan minat dan kebutuhan

Jangan asal memilih buku yang akan dibaca, apalagi karena ikut-ikutan orang lain. Cari dan pilihlah buku yang memang menarik perhatianmu dan sedang kamu butuhkan. Tidak semua buku cocok dengan selera dan kepribadian kita. Jangan sampai karena salah memilih dan membaca buku, kita jadi anti dengan genre nonfiksi.

2. Hindari baca buku karena FOMO

FOMO atau Fearing of Missing Out adalah sebuah perasaan takut ketinggalan. Jangan sampai kita menerapkan sikap ini ketika sedang memilih buku bacaan. Bacalah buku karena memang kita ingin membacanya, bukan karena sekadar ingin ikut-ikutan orang lain dan tidak ingin tertinggal saja. 

3. Beri highlight dan annotate

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan ketika sedang membaca buku nonfiksi adalah memberi highlight dan annotate di bagian yang kamu anggap penting dan menarik. Selain untuk memudahkan kamu ketika ingin mencarinya kembali, hal ini juga akan membuat kamu semakin bersemangat membaca karena tampilannya yang berwarna.

4. Bersikap kritis dan tidak asal terima

Membaca buku nonfiksi bukan berarti kita harus langsung menerima isinya begitu saja tanpa memikirkan lebih jauh. Membaca buku juga harus kita imbangi dengan berpikir kritis agar ilmu yang kita dapatkan bisa lebih kita pahami dan tidak salah pengertian. Terkadang kita pasti menemui beberapa pendapat penulis yang tidak sesuai atau bertentangan dengan pendapat kita. Hal ini wajar-wajar saja.

Itulah empat tips yang bisa kamu terapkan ketika sedang membaca buku nonfiksi agar tetap seru dan anti bosan. Sekali lagi, hindari membaca buku hanya karena ikut-ikutan atau hanya agar terlihat keren saja, ya! Pilihlah buku yang benar-benar membuatmu tertarik.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak