facebook

3 Fakta Menarik Hobi Menulis tentang Keseharian Diri Sendiri

Delia Sanjaya
3 Fakta Menarik Hobi Menulis tentang Keseharian Diri Sendiri
Ilustrasi menulis (Pexels/lilartsy)

Ada beberapa orang yang akan menuangkan semua pikirannya dengan berbentuk kalimat pada kertas, dan banyak juga orang yang tidak terpikirkan untuk melakukan hal tersebut. Jika kamu salah satu orang yang gemar menulis, mungkin kamu juga mempunyai buku yang biasanya dikhususkan untuk menulis hal-hal yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Entah kejadian yang menyenangkan atau kejadian buruk sekali pun. 

Ternyata, jika seseorang yang gemar dengan hobi menulis kesehariannya. Ada beberapa fakta menarik yang bisa diketahui jika kamu memang senang menulis kejadian yang kamu alami sendiri.

1. Lebih Bisa Introspeksi Diri

Ilustrasi wanita sedang menulis (Pexels/Kevin Malik)
Ilustrasi wanita sedang menulis (Pexels/Kevin Malik)

Jika kamu selalu menulis apa saja yang telah kamu lewati dalam keseharian. Seperti kamu melakukan sesuatu hal, entah itu hal apa pun, kamu tidak pernah lupa untuk mencatatnya dalam sebuah buku.

Ternyata, apa yang telah kamu lakukan dengan menceritakan kembali apa yang telah kamu alami, itu akan berpengaruh baik untuk dirimu.

Kamu bisa membaca ulang apa yang telah kamu tulis atau kamu bisa sambil menulis dengan menilai mana saja hal yang sebaiknya tidak untuk diulang kembali dan mana hal yang sekiranya baik dan patut dilakukan lagi. Menulis tentang keseharian dirimu, bisa menjadikan waktumu untuk berintrospeksi diri.

2. Membuat Beban Pikiran Sedikit Lebih Ringan

Ilustrasi wanita duduk sambil menulis (Pexels/Kevin Malik)
Ilustrasi wanita duduk sambil menulis (Pexels/Kevin Malik)

Menulis bisa jadi salah satu cara agar apa yang menjadi beban dalam pikiran bisa sedikit berkurang. Bisa saja, dalam sehari, kamu melakukan berbagai macam hal.

Saat malam hari, kamu tidak bisa tertidur karena ada sesuatu hal yang masih menjadi beban pikiran. Nah, dari situlah kamu bisa coba untuk menulis semua kegiatan yang telah kamu lakukan dalam sehari penuh. 

Dengan kamu menuliskannya, rasanya sudah bisa membantu untuk dirimu tidak terlalu sulit memikirkan sesuatu yang mengganggu pikiranmu.

Kamu bisa mencari solusi dan tulislah untuk hal yang sekiranya harus diselesaikan dengan solusi yang tepat. Otomatis kamu bisa membuat ringan beban pikiranmu.

3. Melatih Ingatan

Ilustrasi buku dengan pulpen (Pexels/Tima Miroshnichenko)
Ilustrasi buku dengan pulpen (Pexels/Tima Miroshnichenko)

Menulis bukan hanya untuk memperbaiki diri sendiri, tapi bisa juga untuk melatih ingatanmu. Coba saja, dalam sehari kamu bisa melakukan berbagai hal. Kamu bisa menulisnya di atas kertas atau di sebuah buku. Ceritakan saja apa yang kamu lakukan dan alami selama seharian. 

Dengan seperti itu, kamu bisa mengingat kembali apa yang sudah dilakukan olehmu saat mulai dari bangun tidur sampai terakhir kamu sebelum tidur. Ingatanmu akan diasah dan sekalian kamu juga akan terus bisa memperbaiki diri sendiri agar lebih baik dalam menjalankan kesehariannya.

Itulah beberapa fakta menarik dan tidak ada salahnya jika kamu mau memulai untuk menulis. Selagi bisa mendorongmu untuk terus berkembang, lakukanlah.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak