facebook

5 Rekomendasi Hewan Peliharaan yang Dapat Mempercantik Ruangan, Sudah Pelihara?

Athallah Hanan Adhasubhi
5 Rekomendasi Hewan Peliharaan yang Dapat Mempercantik Ruangan, Sudah Pelihara?
Burung Paruh Bengkok.(pexels.com/Huỳnh Đạ)

Memiliki hewan peliharaan merupakan suatu hobi yang menyenangkan untuk sebagian orang. Hewan seperti kucing kerap menjadi peliharaan yang populer karena tingkahnya yang menggemaskan. Selain kucing, terdapat beragam jenis hewan yang dapat kamu pelihara sebagai penghias ruangan juga, lho.

Cukup banyak hewan yang dapat kamu pelihara sebagai penghias ruangan karena memiliki bentuk dan warnanya yang unik. Keberadaan hewan tersebut dapat membuat ruangan kamu lebih hidup, bahkan dapat diajak bersosialisasi. Penasaran apa saja hewan tersebut, yuk simak!

1. Burung Lovebird

Lovebird (unsplash.com/@picsbyjameslee)
Ilustrasi Lovebird (unsplash.com/@picsbyjameslee)

Burung ini menjadi salah satu burung populer di masyarakat. Memiliki bulu yang berwarna-warni, membuatnya cocok sebagai penghias rumah kamu. Suara burung ini juga khas dan cenderung ramai. 

Jika burung ini sudah dilatih sejak masih anakan, mereka akan jinak dan dapat diajak bermain. Uniknya, burung lovebird yang sudah jinak bisa dilepas di luar kandang tanpa perlu takut kabur. Burung ini pun mudah dijumpai di toko-toko burung dengan harga bervariatif.

2. Ikan Cupang

Ikan Cupang (unsplash.com/@worachatsodsri)
Ilustrasi Ikan Cupang (unsplash.com/@worachatsodsri)

Ikan cupang dikenal karena memiliki pesona warna dan sirip yang indah. Berbeda dengan ikan guppy yang hidup berkelompok, ikan cupang hidup sebagai hewan teritorial. Kalian dapat memelihara ikan cupang dalam akuarium kecil atau wadah bening lainnya. Ikan cupang cocok diletakkan di meja belajar, ruang tamu, dan tempat lainnya. Harga ikan cupang cenderung murah dan banyak dijumpai di toko-toko ikan.

3. Tarantula

Tarantula (unsplash.com/@philipp_lansing)
Ilustrasi Tarantula (unsplash.com/@philipp_lansing)

Siapa sangka, hewan yang dianggap berbahaya ini dapat menjadi penghias ruangan kamu. Sebagian orang menganggap tarantula merupakan hewan yang anggun dan eksotis. Biasanya, tarantula diletakkan pada terarium yang sebelumnya sudah didekorasi dengan beragam tumbuhan dan bebatuan.

Memelihara tarantula sebagai hiasan rumah juga perlu diperhatikan keamanannya. Kamu tidak boleh asal meletakkan kandangnya di tempat yang rawan jatuh atau dijangkau anak kecil. Dikhawatirkan hewan tersebut dapat membahayakan orang disekitarnya.

4. Arwana

Ikan Arwana (unsplash.com/@johnaledja)
Ilustrasi Ikan Arwana (unsplash.com/@johnaledja)

Ikan arwana sangat cocok diletakkan pada ruang tamu, karena akan menambah kesan mewah pada ruangan tersebut. Ikan ini membutuhkan akuarium yang besar untuk menampung satu ekornya. Bagi penghobi ikan hias, ikan tersebut sangat populer untuk dipelihara dan sebagai dekorasi. Arwana memiliki harga yang relatif mahal dibanding ikan lainnya, namun harga tersebut sangat sepadan dengan keindahan ikan tersebut.

5. Gecko

Gecko (unsplash.com/@bang_gecko)
Ilustrasi Gecko (unsplash.com/@bang_gecko)

Sepintas, hewan ini mirip dengan tekok yang sering dijumpai di loteng atau pohon. Gecko memiliki motif dan warna yang beragam, sehingga membuatnya menjadi menarik. Gecko tidak berisik seperti tokek pada umumnya. Saat ini, cukup banyak peternak yang membudidakan gecko, jadi kalian cukup mudah untuk membelinya. Kalian dapat meletakkan gecko pada terarium yang sudah dihias dengan bebatuan.

Nah, apakah kamu tertarik untuk memelihara hewan tersebut? Jangan lupa merawatnya dengan baik!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak