5 Skill yang Harus Dikuasai Penulis, Riset Salah Satunya

Rizky Melinda Sari
5 Skill yang Harus Dikuasai Penulis, Riset Salah Satunya
Ilustrasi penulis (Pexels.com)

Sebagai seorang penulis, ada beberapa skill yang harus bisa dikuasai dengan baik. Menulis sendiri merupakan salah satu kegiatan yang bisa dilakukan oleh siapa saja, tetapi untuk menjadi seorang penulis, perlu keahlian dan kecakapan tertentu. 

Banyak penulis Indonesia yang karyanya bisa sampai ke luar negeri, seperti Andrea Hirata, Dewi Lestari, dan lain sebagainya. Jika kamu memiliki impian menjadi seorang penulis, hal pertama yang harus dilakukan adalah mulai menulis sekarang juga!

Seiring dengan banyaknya tulisan yang dibuat, kita juga harus terus mengembangkan skill menulis. Apalagi jika kita berniat terjun ke dunia penulis dan menjadikan menulis sebagai karier.

Berikut ini adalah 5 skill yang harus dikuasai oleh seorang penulis. 

1. Keterampilan riset yang mumpuni

Skill pertama yang harus dimiliki oleh seorang penulis adalah kemampuan atau keterampilan dalam melakukan riset. Riset akan membuat tulisan yang kita hasilkan menjadi lebih tajam dan terpercaya, apalagi jika mengangkat tema yang agak berat. 

Salah satu penulis yang melakukan riset dengan baik dan bisa dijadikan contoh adalah Dewi Lestari. Melalui bukunya yang berjudul Di Balik Tirai Aroma Karsa, kita bisa tahu seluk-beluk dunia riset sebelum menulis sebuah cerita. 

2. Creative thinking

Skill kedua yang harus dimiliki oleh seorang penulis adalah kemampuan berpikir kreatif atau creative thinking. Agar bisa menentukan tema dan alur yang seru, diperlukan kemampuan berpikir yang kreatif, unik, serta out of the box. 

Skill ini bisa kamu latih dengan banyak membaca buku dengan berbagai genre, berlatih menulis berbagai topik, serta rajin mengikuti kelas kepenulisan. 

3. Critical thinking

Skill selanjutnya yang harus dikuasai oleh seorang penulis adalah critical thinking atau berpikir kritis. Masih berhubungan dengan creative thinking, skill satu ini perlu dikuasai oleh seorang penulis agar bisa menyampaikan tulisannya dengan baik dan mampu ditangkap oleh pembaca. 

Ketika mengangkat topik atau tema yang agak berat dan terkesan jarang, kamu perlu berpikir kritis untuk bisa menyampaikan maksud tulisanmu kepada para pembaca. 

4. Komunikasi yang baik

Seorang penulis juga dituntut untuk bisa berkomunikasi dengan baik. Hal ini berhubungan dengan kemampuan penulis untuk menyampaikan pesan kepada pembaca melalui tulisan yang ia buat. 

Seorang penulis juga harus bisa membuat tulisan yang informatif, mudah dipahami, serta mampu membuat pembaca bisa menangkap maksud tulisan tersebut. 

5. Self editing

Skill terkahir yang tidak kalah penting dan harus dikuasai oleh seorang penulis adalah kemampuan self editing atau mengedit sendiri tulisan yang sudah dibuat. Hal ini bertujuan untuk memperbaiki beberapa kesalahan yang terlewatkan seperti ejaan, tanda baca, dan lain sebagainya.

Untuk menguasai skill ini, seorang penulis harus paham mengenai aturan penulisan yang baik dan sesuai dengan PUEBI. Skill ini juga berhubungan dengan kemampuan memperbaiki tulisan agar lebih mudah dibaca dan dipahami.

Itulah lima skill yang harus dikuasai oleh seorang penulis. Sama seperti profesi lainnya, seorang penulis juga harus menguasai skill tertentu. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak