3 Tips Membuat Catatan yang Efektif, Manfaatkan Sticky Note!

Elvira D Paramitha
3 Tips Membuat Catatan yang Efektif, Manfaatkan Sticky Note!
Ilustrasi Membuat Catatan (Unsplash.com/Marten Bjork)

Membuat catatan adalah kegiatan yang banyak dilakukan oleh pelajar semasa sekolah. Catatan dapat sangat membantu seseorang untuk belajar dan memahami sesuatu lebih cepat karena seringkali catatan memang sudah didesain dengan rapi, ringkas dan lengkap. Namun, membuat catatan sebenarnya tidak semudah itu. Ada beberapa cara agar catatan yang kamu buat dapat sangat efektif untuk membantu menunjang kamu dalam belajar. Simak 3 cara di antaranya berikut ini:

1. Manfaatkan Sticky Note

Sticky note dapat dimanfaatkan untuk menulis catatan penting yang harus selalu diingat. Karena bentuknya yang kecil dan mudah ditempelkan dimana-mana, sticky note dapat dijadikan tempat menulis info-info penting mengenai suatu materi dan ditempelkan tepat di atas materi yang ditulis di buku. Selain itu, sticky note juga biasanya memiliki warna-warna yang menarik yang dapat dengan mudah menarik mata agar melihat kearahnya. Dengan memanfaatkan sticky note, catatan kamu akan menjadi semakin mudah untuk dipahami. Kamu juga dapat dengan mudah menemukan hal-hal penting dalam materi yang kamu tulis tanpa harus membacanya lagi secara keseluruhan.

2. Buat Daftar Isi

Membuat daftar isi untuk catatan memang bukan hal yang biasa dilakukan banyak orang. Namun, hal ini sebenarnya dapat sangat memudahkan kamu dalam mencari informasi. Apalagi saat materi yang kamu tulis bercampur dalam satu buku. Untuk mencari suatu materi yang spesifik, kamu harus membaca lembar per lembar untuk menemukan materi yang kamu maksud. Sayangnya, hal ini akan membuang banyak waktumu. Membuat daftar isi akan membantu untuk mencari materi yang sudah kamu tulis lebih cepat. Sama halnya saat kita mencari materi di suatu buku pelajaran, alih-alih mencari secara manual dengan membaca lembar per lembar, kita akan langsung membuka daftar isi dan mencari materi yang diinginkan, bukan? Oleh karena itu, agar catatan kamu menjadi efektif dan memudahkan kamu, kamu dapat membuat daftar isi agar kamu tidak kesulitan lagi saat mencari materi yang kamu inginkan.

3. Mencoba Teknik Mind Mapping

Mind mapping, secara sederhana, adalah teknik membuat kerangka berisi id-ide yang dikembangkan. Saat membuat mind mapping, pastikan kamu sudah memiliki materi yang akan dielaborasi agar lebih mudah menentukan bagian-bagian kerangkanya. Teknik ini akan sangat membantu agar kamu dapat menuangkan hal-hal yang kamu sudah pelajari sehingga lebih mudah diingat. Mind mapping juga sangat efektif untuk catatan karena visualnya yang mudah dilihat. Hanya dengan melihat bagan atau kerangka mind mapping saja, kamu dapat dengan mudah mencari materi atau informasi yang dibutuhkan. 

Bagaimana, siap membuat catatan yang efektif? Semoga bermanfaat, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak