Beri Rekor bagi Pepe dan Ramos, Ini 4 Fakta Unik Kemenangan Portugal atas Swiss di Piala Dunia 2022

Rizal Khoirul Huda
Beri Rekor bagi Pepe dan Ramos, Ini 4 Fakta Unik Kemenangan Portugal atas Swiss di Piala Dunia 2022
Pemain timnas Portugal, Goncalo Ramos (tengah) melakukan selebrasi bersama rekan-rekannya setelah mencetak gol ke gawang Swiss pada laga 16 besar di Lusail Iconic Stadium, Doha, Qatar Selasa (6/12/2022) waktu setempat. [SKYSPORTS]

Portugal berhasil mengalahkan Swiss dengan skor telak 6-1 pada pertandingan babak 16 besar yang berlangsung di Lusail Iconic Stadium, Doha, Qatar pada Selasa (6/12/2022) malam waktu setempat. Dengan kemenangan ini, Portugal berhasil mendapatkan tiket ke babak perempat final dimana mereka akan berhadapan dengan Maroko yang diluar dugaan menyingkirkan tim kuat Spanyol. Selain kemenangan telak bagi tim asuhan Fernando Santos, berikut ini adalah 4 fakta unik dalam laga Portugal vs Swiss:

1. Pepe jadi pemain tertua yang cetak gol di fase gugur

Bek timnas Portugal, Pepe berhasil menciptakan rekor pada pertandingan melawan Swiss. Melalui golnya di menit ke-33, Pepe yang kini berusia 39 tahun 283 hari sah menjadi pemain tertua yang mencetak gol di babak gugur Piala Dunia. Pepe juga berada di urutan kedua pemain tertua yang mencetak gol di Piala Dunia di setelah Roger Milla melakukannya di babak grup Piala Dunia 1994. Milla saat itu telah berusia 42 tahun 39 hari.

2. Goncalo Ramos jadi pencetak hattrick termuda setelah Pele

Selain Pepe, pemain Portugal lainnya yaitu Goncalo Ramos juga tak ketinggalan mengukir catatan menarik di laga ini. Dengan tiga golnya ke gawang Swiss, pemain yang saat ini membela klub besar Portugal yaitu Benfica menjadi pemain termuda kedua yang mencetak hattrick di Piala Dunia. Ramos melakukannya ketika ia baru berumur 21 tahun. Ramos berada tepat dibawah legenda Brazil, Pele yang melakukannya di usia 17 tahun.

BACA JUGA: Duarrr... Ledakan Terjadi di Batu Aji Kota Batam

3. Jadi perempat final pertama Portugal sejak Piala Dunia 2006

Timnas Portugal memang tengah tampil bagus di beberapa turnamen besar sepakbola. Setelah tampil mengecewakan di beberapa turnamen seperti Piala Eropa 2012 dan Piala Dunia 2010 serta 2014, Portugal seolah menemukan resep untuk tampil impresif di turnamen besar.

Berawal dari penunjukkan Fernando Santos, Portugal berhasil meraih gelar pertama dalam sejarah timnas dengan menjuarai Euro 2016 kemudian meraih podium tertinggi di edisi perdana UEFA Nations League. Pencapaian terkini yaitu lolos ke perempat final Piala Dunia 2022 merupakan yang pertama dimana Portugal bisa menapakkan kaki di 8 besar semenjak meraih juara ketiga pada edisi 2006 silam.

4. Swiss menyamai rekor kekalahan terbesar mereka di Piala Dunia

Sementara Portugal sedang merayakan kelolosannya ke perempat final, di sisi lain Swiss mencatatkan rekor kurang menyenangkan seusai dibantai Portugal. Kekalahan dengan skor 6-1 menyamai kekalahan terbesar yang pernah Swiss alami selama 12 kali tampil di Piala Dunia. Swiss pernah kalah dengan selisih 5 gol setelah dicukur Jerman Barat 0-5 di Piala Dunia 1966.

Nah, itu tadi adalah fakta unik dalam kemenangan telak Portugal atas Swiss. Mulai dari rekor pemain tertua, Ramos yang kini menjadi pencetak hattrick termuda kedua, hingga Swiss yang menyamai rekor kekalah terbesar mereka.

Video yang Mungkin Anda Suka.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak