Hancur Lebur, Singapura Buang Kesempatan Lolos ke Babak 4 Besar Piala AFF 2022

M. Fuad S. T.
Hancur Lebur, Singapura Buang Kesempatan Lolos ke Babak 4 Besar Piala AFF 2022
Selebrasi para pemain Malaysia setelah menjebol gawang Singapura (affmitsubishielectriccup.com)

Nasib kurang menguntungkan harus dialami oleh Singapura di laga terakhir penyisihan grup B Piala AFF 2022. Hanya membutuhkan hasil imbang saat bertandang ke Stadion Nasional Bukit Jalil guna meladeni tuan rumah Malaysia, The Lions justru hancur lebur. Di luar ekspektasi timnas Singapura dan para pendukungnya, Irfan Fandi dan kolega justru digasak 4-1 oleh tuan rumah.

Menyadari kemenangan adalah satu-satunya jalan bagi Malaysia untuk bisa mengamankan satu slot tiket ke babak empat besar, Harimau Malaya langsung menampilkan permainan menyerang dengan garis pertahanan tinggi. Sebaliknya, Singapura yang menargetkan hasil imbang pada pertandingan ini, hanya menunggu dan mengandalkan serangan balik.

Sebuah strategi yang salah dari Singapura. Pasalnya, gempuran demi gempuran yang dilancarkan oleh anak asuh Kim Pan Gon tersebut membuat Singapura selalu berada dalam tekanan, dan mengakibatkan berbagai kesalahan elementer. Dan benar saja, kesalahan-kesalahan kecil yang dibuat oleh para pemain The Lions, dihukum berat oleh pasukan tuan rumah dengan kebobolan gawang yang dijaga oleh Hassan Sunny.

BACA JUGA: Istri Indra Bekti Dicap Pura-pura Baik, Miss Ajeng: Licik dan Drama

Kita bisa melihat bersama, dua gol pertama Malaysia tercipta dari kesalahan elementer para pemain Singapura. Sementara dua sisanya merupakan buah ketidakseimbangan pasukan Singa dalam menjaga penyerangan dan pertahanan yang dibangun.

Maka tak mengherankan jika pada laga tersebut, Singapura harus rela kebobolan empat gol melalui Darren Lok pada menit ke 35, dwigol Stuar Wilkin pada menit ke 50 dan 54, serta sebiji gol sumbangan dari Ezequiel Aguero pada menit ke 88. Satu-satunya gol hiburan bagi Singapura diciptakan oleh Faris Ramli pada menit ke 85, dan sempat memperkecil kedudukan menjadi 3-1.

Gagalnya Singapura menuai hasil imbang membuat mereka terlempar dari posisi dua besar klasemen akhir grup B. Dengan poin tujuh, Singapura harus rela turun peringkat ke posisi ketiga dan digeser oleh Malaysia yang memiliki koleksi poin sembilan. Sementara itu, posisi pemuncak klasemen dipegang oleh Vietnam yang memiliki sepuluh poin setelah di laga pamungkas berhasil mengandaskan perlawanan Myanmar dengan tiga gol tanpa balas.

Selamat untuk Vietnam dan Malaysia yang berhasil lolos ke babak semifinal Piala AFF 2022!

Cek berita dan artikel lainnya di GOOGLE NEWS.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak