Selain EPL, Ini 6 Kompetisi Sepak Bola Antarklub Paling Bergengsi di Eropa

Desyta Rina Marta Guritno
Selain EPL, Ini 6 Kompetisi Sepak Bola Antarklub Paling Bergengsi di Eropa
Stadion Santiago Bernabeu (Pixabay/PatrickBlaise)

Eropa seolah menjadi kiblat bagi liga-liga sepak bola dunia berikut dengan penggemarnya, tak heran karena disana banyak diselenggarakan kompetisi sepak bola bergengsi.

Salah satu liga yang paling banyak disorot adalah English Premier League yakni kompetisi sepak bola tingkat satu di Inggris.

Namun selain EPL, masih banyak kompetisi yang tak kalah terkenal, baik dalam lingkup satu negara atau antarnegara di benua Eropa.

BACA JUGA: Indonesia Masters 2023: Praveen Jordan/Melati Daeva Comeback!

Berikut adalah beberapa kompetisi sepak bola bergengsi yang ada di Eropa selain EPL.

1. La Liga

Kalau Inggris punya English Premier League, Spanyol juga punya liga sendiri yakni La Liga. Kompetisi sepak bola utama di Spanyol ini diikuti oleh 20 tim setiap musimnya.

Beberapa tim besar yang mengikuti liga ini adalah FC Barcelona, Real Madrid, Atletico Madrid, dan Villareal.

2. Serie A

Masih membahas kompetisi dalam lingkup satu negara, Italia punya liga yang bergengsi yakni Serie A. Sama seperti La Liga, Serie A juga diikuti oleh 20 tim terbaik di Italia.

Kompetisi ini disebut sebagai salah satu yang terbaik di Eropa karena banyak melahirkan pemain legenda seperti Gianluigi Buffon, Paolo Maldini, dan Roberto Baggio.

3. Bundesliga

Geser ke Eropa bagian tengah yakni Jerman, Jerman juga punya liga sepak bola terkenal yang bernama Bundesliga.

Dari liga ini juga banyak menghasilkan pemain muda berbakat seperti Erling Haaland yang dulu sempat bermain di Borussia Dortmund dan Jamal Musiala yang kini bergabung dengan Bayern Munchen.

BACA JUGA: Bella Bonita Beri Semangat ke Denny Caknan Malah Kena Sindir Netizen

4. UEFA Champions League

Selain kompetisi antarklub di satu negara, ada juga kompetisi yang mempertemukan klub-klub terbaik di Eropa. UEFA Champions League salah satunya.

Kompetisi ini menarik karena mempertemukan tim terbaik dari masing-masing liga, biasanya tim yang menempati posisi empat besar atau dua besar sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

5. UEFA Europa League

UEFA Europa League juga merupakan kompetisi antarklub di Eropa. Hanya saja UEFA Europa League diikuti oleh tim-tim yang menempati posisi ke-3 atau ke-5 di negaranya, sesuai dengan ketentuan yang berlaku di masing-masing negara.

6. UEFA Super Cup

Tak berhenti di UEFA Champions League dan UEFA Europa League, juara dari dua kompetisi tersebut akan kembali dipertemukan dalam UEFA Super Cup untuk membuktikan siapa yang berhak menjadi tim terbaik Eropa.

Itulah 6 kompetisi antarklub paling bergengsi di Eropa, favoritmu yang mana?

Cek berita dan artikel lainnya di GOOGLE NEWS

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak