4 Hal yang Perlu Diketahui Jelang Revier Derby Schalke 04 vs Borussia Dortmund

Rizal Khoirul Huda
4 Hal yang Perlu Diketahui Jelang Revier Derby Schalke 04 vs Borussia Dortmund
Penyerang Dortmund asal Jerman Karim Adeyemi (Tengah) melepaskan tembakan ke gawang tetapi gagal mencetak gol selama pertandingan leg pertama babak 16 besar Liga Champions antara BVB Borussia Dortmund vs Chelsea FC, di Dortmund, Jerman barat, pada Februari 15, 2023. John MACDOUGALL / AFP

Borussia Dortmund akan melawat ke markas Schalke 04 di Veltins Arena dalam lanjutan Bundesliga 2022/23. Dortmund perlu memenangkan laga ini karena selain untuk menjaga peluang menjadi juara di akhir musim, tim berjuluk Die Borussen juga memiliki rivalitas sarat gensi dengan Schalke

Pertemuan antara Schalke 04 melawan Dortmund dilabeli sebagai Revier Derby atau Derbi Lembah Ruhr . Rivalitas kedua tim disebut-sebut sebagai yang terbesar di Jerman. Laman bavarianfootballnetworks.com, bahkan menempatkan Revier Derby sebagai rivalitas nomor satu mengalahkan Der Klassiker antara Dortmund melawan Munchen.

Sembari menunggu laga sarat gensi ini, berikut adalah hal-hal yang perlu diketahui jelang Revier Derby nanti malam :

1. Dortmund kalah rekor pertemuan dari Schalke

Mungkin jika menilik situasi terkini dimana Dortmund seringkali menjadi penantang gelar juara sementara Schalke baru saja promosi ke Bundesliga maka derbi ini akan berat sebelah. Namun, yang terjadi justru sebaliknya, Dortmund yang punya nama lebih mentereng ternyata masih kalah dalam rekor pertemuan melawan seteru abadinya tersebut. 

Kedua tim sudah bertemu sebanyak 159 kali dengan hasil Schalke 04 meraih 60 kemenangan berbanding 56 milik Dortmund. Sedangkan 43 laga lainnya berakhir tanpa pemenang. Oleh karena itu, Dortmund tentu berambis meraih kemenangan untuk memperbaiki rekor pertemuan.

2. Schalke belum pernah menang sejak 2019

Walau unggul rekor pertemuan, Schalke 04 ternyata belum pernah menang kala bertemu Borussia Dortmund sejak 2019. Terakhir kali Schalke menundukkan rivalnya terjadi pada 27 April 2019. Saat itu, Schalke mempencundangi Dortmund di markasnya dengan skor 2-4. Setelah pertemuan tersebut, Dortmund digdaya dengan 4 kali menang dan sekali seri.

BACA JUGA: Bantah Umroh Pakai Uang Curian, Angga Wijaya Bongkar Sumber Pendapatan Fantastisnya

3. Dortmund berpotensi ulangi kenangan manis di markas Schalke

Dortmund punya kenangan manis saat berlaga di markas Schalke 04. Die Borussen pernah mempencundangi sang rival di Veltins Arena pada 20 Februari 2021. Saat itu, Dortmund berhasil menang telak 4-0. Kekalahan atas Dortmund ini punya andil dalam kegagalan Schalke bertahan di Bundesliga pada musim tersebut. Dengan kondisi saat ini dimana Dortmund unggul jauh di klasemen, tim tamu punya peluang besar mengulangi kisah manis tersebut. 

4. Ambisi Schalke keluar dari zona degradasi

Kedua tim saat ini memang tengah berada dalam nasib yang berbeda di Bundesliga. Dortmund kini berada di peringkat kedua serta memiliki poin yang sama dengan Bayern. Sedangkan di sisi lain, Schalke masih terjerembab di dasar klasemen. Namun, Schalke dalam beberapa laga justru dapat meraih hasil bagus dengan meraih 2 kemenangan dan 3 kali imbang. 

Tren positif tersebut membuat Schalke kembali punya peluang bertahan di Bundesliga dengan hanya terpaut 1 poin dari Hertha Berlin di posisi 15 yang merupakan batas aman dari ancaman degradasi. Dengan kondisi saat ini, Schalke diprediksi bakal bermain habis-habisan di laga derbi nanti malam.

Nah, itulah 4 hal menarik yang perlu kamu tahu sebelum menyaksikan derbi terbesar di sepakbola Jerman antara Schalke vs Dortmund. 

Cek berita dan artikel lainnya di GOOGLE NEWS.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak