alexametrics

7 Quotes dari Pahlawan Nasional Tentang Kemerdekaan Indonesia

Melynda
7 Quotes dari Pahlawan Nasional Tentang Kemerdekaan Indonesia
Pahlawan Nasional Indonesia (commons.wikimedia.org)

Setiap tanggal 17 Agustus yang diperingati sebagai hari kemerdekaan Indonesia menjadi kebahagiaan bagi seluruh bangsa Indonesia. Masing-masing warga Indonesia biasanya akan memberikan untaian selamat HUT RI. Baik diucapkan secara langsung kepada rekan dan sanak saudara maupun melalui media sosial.

Ucapan selamat hari kemerdekaan biasanya menggunakan kalimat puitis dengan pemilihan kata (diksi) yang mendayu-dayu. Selain itu, banyak orang yang juga tertarik mengutip kata mutiara (quotes) yang diucapkan seorang tokoh. Berikut rekomendasi 7 quotes dari tokoh berjasa atau pahlawan nasional Indonesia tentang kemerdekaan.

1. Soekarno

Siapa yang tidak tahu proklamator negara kita? Ir. Soekarno, Presiden Republik Indonesia yang pertama ini dikenal mampu menggetarkan jiwa dan semangat rakyat Indonesia melalui ucapan kata-katanya. Pahlawan bangsa ini dianggap cakap menyusun kalimat hingga menggerakkan raga pejuang untuk merebut kemerdekaan.

Berikut beberapa quotes dari Soekarno tentang kemerdekaan:

  • "Kemerdekaan hanya dapat dimiliki oleh bangsa yang jiwanya berkobar-kobar dengan tekad merdeka ataupun mati".
  • "Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa pahlawannya".
  • "Nasionalis sejati, yang nasionalismenya bukan timbul semata-mata dari tiruan nasionalisme barat, akan tetapi timbul dari rasa cinta akan manusia dan kemanusiaan".
  • "Bangsa yang tidak percaya kepada kekuatan dirinya, tidak dapat berdiri sebagai suatu bangsa yang merdeka".

2. Mohammad Hatta

Sosok Wakil Presiden Republik Indonesia yang pertama ini tidak bisa dilepaskan dari sejarah perjuangan menggapai kemerdekaan.

Beliau dikenal memiliki kecerdasan yang tinggi hingga mengantongi beberapa sebutan, di antaranya ialah Bapak Koperasi, Bapak Perumahan Nasional, Bapak Kedaulatan Rakyat, dan Bapak Hak Asasi Manusia. Kemampuan politiknya yang mumpuni mampu menjadi salah satu tokoh penting yang mengantarkan Indonesia kepada kemerdekaan.

Berikut beberapa quotes dari Mohammad Hatta tentang kemerdekaan:

  • "Pahlawan yang setia itu berkorban, bukan untuk dikenal namanya, tetapi semata-mata membela cita-cita".
  • "Indonesia merdeka tidak ada gunanya apabila kita tidak sanggup mempergunakannya untuk memenuhi cita-cita rakyat, hidup bahagia dan makmur dalam pengertian jasmani maupun rohani".
  • "Malahan kita berada pada permulaan perjuangan yang jauh lebih berat dan lebih mulia, yaitu perjuangan untuk mencapai kemerdekaan daripada segala macam penindasan".
  • “Indonesia merdeka bukan tujuan akhir. Indonesia merdeka hanya syarat untuk bisa mencapai kebahagiaan dan kemakmuran rakyat”.

3. Jenderal Soedirman

Jenderal Besar Raden Soedirman rela berkorban untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia walaupun dalam keadaan sakit. Selain itu, Jenderal Soedirman juga beberapa kali terlibat dalam peristiwa besar seperti menjadi Ketua Badan Keamanan Rakyat (BKR) di Banyumas, memimpin Tentara Keamanan Rakyat (TKR), dan mengomandoi pasukan PETA (Pembela Tanah Air).

Berikut beberapa quotes dari Jenderal Soedirman tentang kemerdekaan:

  • "Percaya dan yakinlah bahwa kemerdekaan satu negara yang didirikan di atas timbunan runtuhan ribuan jiwa, harta benda dari rakyat dan bangsanya tidak akan dapat dilenyapkan oleh manusia, siapa pun juga". 
  • "Robek-robeklah badanku, potong-potonglah jasad ini, tetapi jiwaku dilindungi benteng merah putih. Akan tetap hidup, tetap menuntut bela, siapapun lawan yang aku hadapi".
  • "Pertahankan kemerdekaan sebulat-bulatnya. Sejengkal tanah pun tidak akan kita serahkan kepada lawan, tetapi akan kita pertahankan habis-habisan. Meskipun kita tidak gentar akan gertakan lawan itu, tetapi kita pun harus selalu siap sedia".

4. Sutan Sjahrir

Sutan Sjahrir adalah Perdana Menteri pertama revolusioner kemerdekaan Negara Indonesia. Diketahui bahwa beliau merupakan sosok dengan intelektual tinggi dan idealis. Beliau lebih mementingkan kepentingan bersama dibandingkan kepentingan berpolitik.

Berikut beberapa quotes dari Sutan Sjahrir tentang kemerdekaan:

  • "Kemerdekaan nasional adalah bukan pencapaian akhir, tapi rakyat bebas berkarya adalah pencapaian puncaknya.".
  • "Kita hendak bekerja atas dasar kemerdekaan jiwa orang, atas dasar kerakyatan, atas dasar sukarela, mufakat dan kerja sama, dan tidak dengan paksaan seperti yang telah dilakukan di negeri-negeri totaliter dan diktator".
  • "Dan hanya semangat kebangsaan yang dipikul oleh perasaan keadilan dan kemanusiaan, yang dapat mengantar kita maju dalam sejarah dunia".
  • "Perjuangan kita sekarang ini tak lain dari perjuangan untuk mendapat kebebasan jiwa bangsa. Kedewasaan bangsa kita hanya jalan untuk mencapai kedudukan sebagai manusia dewasa bagi diri kita".

5. Ki Hadjar Dewantara

Soewardi Soerjaningrat atau Ki Hadjar Dewantara merupakan seorang bangsawan Jawa yang sangat peduli terhadap pendidikan. Tidak mengherankan jika beliau diberi gelar sebagai Bapak Pendidikan Indonesia. Ki Hadjar Dewantara memiliki kepribadian sederhana dan nasionalisme tinggi.

Berikut beberapa quotes dari Ki Hadjar Dewantara tentang kemerdekaan:

  • "Di mana ada kemerdekaan, disitulah harus ada disiplin yang kuat. Self dicipline, yaitu kita sendiri mewajibkan dengan sekeras-kerasnya".
  • “Maksud pengajaran dan pendidikan yang berguna untuk kehidupan bersama adalah memerdekakan manusia sebagai rakyat”.
  • “Pengaruh pengajaran itu umumnya memerdekakan manusia atas hidupnya, sedang merdekanya hidup batin terdapat dari pendidikan”.

#6. Mohammad Yamin

Sebagai tokoh yang dikenal merumuskan Sumpah Pemuda, Mohammad Yamin juga berperan dalam persatuan bangsa Indonesia. Mohammad Yamin juga merupakan seorang sastrawan handal, sejarawan, politikus, budayawan, dan ahli hukum.

Berikut quote dari Mohammad Yamin tentang kemerdekaan:

"Cita-cita persatuan Indonesia itu bukan omong kosong, tetapi benar-benar didukung oleh kekuatan yang timbul pada akar sejarah bangsa kita sendiri".

7. Sutomo

Melalui orasi berapi-api di Radio Pemberontak, Sutomo dikenang dalam Hari Pahlawan. Bung Tomo, sapaannya memiliki semangat pantang menyerah dan bersikap kritis. Bung Tomo menjadi pahlawan yang selalu dielu-elukan terutama oleh Arek Surabaya.

Berikut quote dari Sutomo tentang kemerdekaan:

"Kita tunjukkan bahwa kita adalah benar-benar orang yang ingin merdeka. Lebih baik kita hancur lebur daripada tidak merdeka".

Demikian quotes pembakar semangat kemerdekaan yang dilontarkan pahlawan nasional. Narasi yang mereka sampaikan selalu tertanam di hati masyarakat Indonesia.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak