facebook

Kerangka Pengembangan Teknologi Positif atau Positive Technology Development

Muhammad Rifansyah
Kerangka Pengembangan Teknologi Positif  atau Positive Technology Development
Ilustrasi teknologi (Shutterstock)

Kerangka kerja PTD memandu pengembangan, implementasi dan evaluasi program pendidikan yang menggunakan teknologi baru untuk mempromosikan pembelajaran sebagai aspek pengembangan pemuda yang positif.

Kerangka kerja PTD adalah perpanjangan alami dari literasi komputer dan gerakan kefasihan teknologi yang telah mempengaruhi dunia pendidikan tetapi menambahkan komponen psikososial dan etika ke kognitif.

Dari perspektif teoretis, PTD adalah pendekatan interdisipliner yang mengintegrasikan ide-ide dari bidang komunikasi yang dimediasi komputer, pembelajaran kolaboratif yang didukung komputer, dan teori pembelajaran Konstruksionis yang dikembangkan oleh Seymour Papert (1993), dan memandangnya berdasarkan penelitian di ilmu pembangunan terapan dan pengembangan pemuda positif.

Sebagai kerangka teoritis, PTD mengusulkan enam perilaku positif (enam C) yang harus didukung oleh program pendidikan yang menggunakan teknologi pendidikan baru, seperti robotika KIBO dan ScratchJr. Ini adalah: pembuatan konten, kreativitas, komunikasi, kolaborasi, pembangunan komunitas, dan pilihan perilaku.

Beberapa C mendukung perilaku yang memperkaya domain intrapersonal (pembuatan konten, kreativitas, dan pilihan perilaku); yang lain membahas domain interpersonal dan melihat aspek sosial (komunikasi, kolaborasi, dan pembangunan komunitas). Perilaku ini terkait dengan aset perkembangan yang telah dijelaskan oleh penelitian puluhan tahun tentang pengembangan pemuda yang positif.

PTD menyediakan kerangka kerja untuk memahami bagaimana teknologi dapat dirancang dan digunakan untuk mempromosikan perilaku positif dan bagaimana, pada gilirannya, perilaku tersebut dapat mempromosikan aset pengembangan.

Diagram di bawah ini menunjukkan bagaimana C terhubung dan contoh bagaimana mereka dapat dipraktikkan di lingkungan kelas.

Sumber Daya PTD

a. Daftar Periksa Keterlibatan PTD untuk Anak-anak 

Daftar Periksa Keterlibatan PTD untuk anak-anak ini dimaksudkan untuk digunakan dalam berbagai pengaturan di mana anak-anak terlibat dengan teknologi. Ini dibagi menjadi enam bagian (masing-masing mewakili perilaku yang dijelaskan dalam kerangka PTD) dan diukur menggunakan skala Likert 5 poin.

Daftar periksa dimaksudkan untuk mengevaluasi sekelompok anak atau anak individu saat mereka bekerja di suatu ruang. Orang dewasa dapat menggunakan daftar periksa sesering beberapa kali selama setiap pelajaran, atau sejarang sekali per unit.

b. Daftar Periksa Keterlibatan PTD untuk Lingkungan & Fasilitator   

Daftar Periksa Keterlibatan PTD didasarkan pada landasan teoretis Positif Pengembangan Teknologi (PTD). Kerangka kerja PTD memandu pengembangan, implementasi dan evaluasi program pendidikan yang menggunakan teknologi baru untuk mempromosikan pembelajaran sebagai aspek pengembangan pemuda yang positif.

Kerangka kerja PTD adalah perpanjangan alami dari literasi komputer dan gerakan kefasihan teknologi yang telah mempengaruhi dunia pendidikan tetapi menambahkan komponen psikososial dan etika untuk yang kognitif.

Dari perspektif teoritis, PTD adalah pendekatan interdisipliner yang mengintegrasikan ide-ide dari lapangan komunikasi yang dimediasi komputer, pembelajaran kolaboratif yang didukung komputer, dan teori pembelajaran konstruksionis dikembangkan oleh Seymour Papert (1993) dan memandangnya secara terang-terangan penelitian dalam ilmu pembangunan terapan dan pengembangan pemuda positif.

Kartu PTD

Kartu PTD dirancang untuk digunakan untuk evaluasi interaktif alat teknologi menggunakan kerangka kerja PTD dan enam C. Mereka dapat dicetak saling membelakangi, dipotong, dan digunakan di kelas dengan anak-anak, atau di antara para pendidik. Untuk hasil cetak terbaik, cetak dua sisi berwarna.

Lembar Perencanaan Kegiatan PTD

Lembar Perencanaan Kegiatan PTD memungkinkan Anda untuk mempertimbangkan semua aspek kerangka kerja PTD dan enam C saat Anda merencanakan kegiatan langsung dengan peserta didik Anda.

Yang dapat diedit mencakup lembar perencanaan tingkat tinggi untuk menyusun setiap aspek aktivitas Anda, tabel untuk mempertimbangkan bagaimana masing-masing dari enam C akan ditampilkan dalam aktivitas Anda, dan daftar sumber daya PTD untuk memandu pemikiran Anda.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak