facebook

Waspadai Jejak Digital sebagai Ancaman di Masa Mendatang

Iftina Jihan Lathifah
Waspadai Jejak Digital sebagai Ancaman di Masa Mendatang
Ilustrasi media sosial (Pexels.com/Tracy Le Blanc)

Adanya sebuah teknologi memudahkan manusia dalam berbagai macam hal. Teknologi yang semakin maju tentu saja memiliki pengaruh yang cukup kuat bagi kehidupan manusia yang saat ini yang mulai bergantung dengan teknologi yang ada seperti bertukar informasi, melakukan transaksi dll. Kelebihan teknologi yang ada saat ini memang sangat membantu masyarakat akan tetapi tidak dapat dipungkiri jika hal ini  tidak lepas dari adanya dampak buruk yang mana harus diwaspadai oleh masyarakat pengguna teknologi. 

Dunia digital memiliki cakupan yang sangat luas tak hanya itu untuk mendapatkan aksesnya pun juga mudah serta dapat dilakukan oleh siapa saja dan kapan saja. Contohnya seperti mencari informasi seseorang yang pernah di unggahh di media online seperti foto, histori pencarian, belanja online, riwayat transaksi dll. Hal ini perlunya sikap waspada karena harus kita ketahui bahwa pengguna media online itu tidak sedikit. Hal ini lah yang disebut dengan jejak digital. Jejak digital ialah rekaman aktifitas yang ditinggalkan pada saat kita beraktifitas di Intenet.

Perlu kita perhatikan bahwa kita harus berhati-hati dalam menggunakan internernet dengan sebijak mungkin. Banyak netizen atau masyarakat Indonesia yang belum menyadari bahaya dari unggahan konten yang berbau negatif seperti komentar pedas yang dilontarkan, foto atau video tidak senonoh hal ini akan merusak masa depan masyarakat itu sendiri. Hal ini akan menjadi jejak digital yang memiliki dampak buruk bagi masyarakat, jejak tersebut akan terus teringat dan terlihat. Tidak hanya itu saja perlunya kehati-hatian dalam menjaga data pribadi seperti nomer identitas diri, karena di takuktkan apabila data tersebut digunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab hal ini akan menyebabkan masalah yang bisa jadi tak kunjung selesai.

Masyarakat sendiri kurang sadar seberapa bahayanya jejak digital apalagi di era sekarang reputasi atau penilaian seseorang dilihat melalui jejak digital yang di tinggalkan, maka dari itu internet bisa berdampak buruk apabila tidak digunakan dengan bijak. Jejak digital dapat menjadi ancaman bagi kita jika kita tidak menggunakan internet dengan baik dan benar dan sebaliknya apabila kita menggunakannya dengan bijak maka jejak yang ditinggalkan akan memberikan nilai positif untuk kita juga, jadi dapat disimpulkan jika kita ingin dinilai baik oleh orang lain maka bijaklah dalam menggunakan internet begitupula sebaliknya. 

Beberapa ancaman yang ditimbulkan jejak digital ialah phising, hal ini akan merugikan penggunanya melalui data pribadi yang telah dibobol melalui informasi data internet yang telah terekam di dunia maya, tidak hanya itu saja kemudian reputasi seseorang yang menjadi buruk apabila mereka tidak mengelola dengan baik apalagi seorang recruiter dari perusahaan tertentu akan memperhatikan karakter di media online. Oleh karena itu jejak digotal akan berpengaruh dalam kehidupan karir.

Dengan adanya hal tersebut kita harus selalu memperhatikan hal-hal apa saja yang kita lakukan dalam internet dimana saja dan kapan saja. Hindarilah memposting sesuatu yang bersifat privasi,posting hal-hal yang sifatnya membangun dan bernilai positif dan pikirkan dahulu sebelum bertindak sesuatu karena sesuatu yang sudah kita perlihatkan di dunia maya tidak mudah untuk dihilangkan.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak