facebook

5 Makanan yang Membantumu Terlihat Awet Muda

Tri Apriyani
5 Makanan yang Membantumu Terlihat Awet Muda

Jika Anda mendambakan wajah yang awet muda, seringnya Anda akan mencari krim wajah dengan kandungan anti-penuaan. Namun kunci sebenarnya untuk terlihat awet muda adalah dengan memperhatikan apa yang Anda konsumsi.

Beberapa jenis makanan berikut dapat membantu Anda terlihat awet muda dan juga sehat, lho!

1. Cokelat Hitam

Ilustrasi Cokelat (Pixabay/AlexanderStein)
Ilustrasi Cokelat (Pixabay/AlexanderStein)

Makanan satu ini memiliki kandungan flavanol yang dapat melindungi kulit Anda dari sinar matahari dan memberikan banyak manfaat untuk kulit. Antioksidan dalam cokelat hitam juga sangat bermanfaat untuk mengurangi keriput.

2. Teh Hijau

Manfat teh hijau ( Shutterstock )
Teh hijau ( Shutterstock )

Teh hijau kaya akan antioksidan tetapi juga memiliki lebih banyak polifenol daripada yang lainnya. Polifenol ini dapat melindungi kolagen Anda sambil membantu menghentikan tanda-tanda penuaan.

3. Kopi

Ilustrasi kopi. (Dok : Istimewa)
Ilustrasi kopi. (Dok : Istimewa)

Menurut penelitian dari National Cancer Institute, senyawa bioaktif dalam kopi dapat membantu melindungi kulit Anda dari melanoma. Melanoma adalah jenis kanker kulit yang berkembang pada melanosit, sel pigmen kulit yang berfungsi sebagai penghasil melanin.

4. Alpukat

Buah alpukat. (Shutterstock)
Buah alpukat. (Shutterstock)

Alpukat mengandung alkohol lemak polihidroksilasi yang tidak hanya memperbaiki kulit yang rusak tetapi juga melindungi kulit sehat Anda dari sinar matahari dan lingkungan merusak lainnya. Selain itu alpukat juga memiliki kandungan vitamin, serat, potasium, dan asam lemaknya yang tinggi.

5. Tomat

Tomat memiliki banyak likopen yang oleh para ilmuwan dikenal bermanfaat bagi kanker prostat, penyakit jantung, dan bahkan risiko Anda terkena stroke.

Namun, likopen juga dapat melakukan lebih banyak lagi. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa itu membantu melindungi kulit Anda dari sinar UV matahari. Seiring waktu dan dengan beberapa makanan kaya likopen, Anda bahkan dapat melihat kedalaman kerutan yang menurun.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak