facebook

15 Tempat Wisata Alam di Jogja yang Wajib Kalian Kunjungi

anis khoirunnisa
15 Tempat Wisata Alam di Jogja yang Wajib Kalian Kunjungi
Kebun Bunga Matahari Pantai Samas Jogja (Instagram/@adipati)

Menikmati udara bebas dan menenangkan pikiran dari rutinitas pekerjaan yang monoton adalah salah satu dambaan orang-orang. Salah satu hal yang dapat dilakukan adalah dengan cara mengunjungi tempat dengan nuansa alam. Jogja merupakan tempat yang memilik segalanya. Kuliner yang beragam dan terjangkau, orang-orang yang ramah, serta tempat wisata yang indah dan tiada habisnya.

Berikut adalah 15 tempat wisata alam di Jogja yang wajib kalian kunjungi untuk melepas penat dan menenangkan pikiran.

1. Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti Jogja (Instagram/Indrayantibeach)
Pantai Indrayanti Jogja (Instagram/Indrayantibeach)

Pantai yang berada di Dusun Ngasem, Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Gunungkidul ini berhasil memukau banyak orang. Selain kebersihan dan keindahannya, kalian juga akan mendapatkan berbagai macam fasilitas. Misalnya, payung untuk bersantai dan berteduh, penginapan, jetski dan lain-lain.

Pantai berpasir putih ini mirip dengan pantai-pantai yang berada di Bali, tak heran banyak orang yang mengunjungi Pantai Indrayanti.

2. Gumuk Pasir Parangkusumo

Zaskia Adya Mecca di Gumuk Pasir, Parangtritis, Bantul - (Instagram/@zaskiadyamecca)
Zaskia Adya Mecca di Gumuk Pasir, Parangtritis, Bantul - (Instagram/@zaskiadyamecca)

Siapa yang tak kenal dengan Gumuk Pasir yang namanya sudah tersebar kemana-mana, karena keunikan dan keindahannya.

Banyak hal yang bisa dilakukan di tempat ini, misalnya berfoto, karena banyak spot foto bagus di Gumuk Pasir, tak jarang tempat ini sering digunakan untuk foto prewedding, bts dan lain-lain.

Selanjutnya kalian juga bisa melakukan sandboarding, berseluncur menggunakan papan di atas pasir membuat liburan lebih menyenangkan. Kalian juga dapat menikmati sunset yang indah dengan teman, pasangan atau keluarga kalian. Gumuk Pasir berada di Jl. Pantai Parangkusumo, Grogol 10, Pantai Parangtritis, Kec. Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

3. Goa Jomblang

Goa Jomblang (Instagram/@mvgenabe)
Goa Jomblang (Instagram/@mvgenabe)

Tempat wisata alam yang cocok untuk kalian para pecinta aktifitas ekstrem. Karena di goa ini kamu harus memiliki keahlian “bermain” dengan tali agar bisa mencapai dasar goa. Medan goa ini memiliki kedalaman yang bervariasi antara 15 meter hingga 80 meter.

Goa Jomblang dijuluki dengan cahaya surga karena saat pengunjung berada di dasar goa, sekitar pukul 12.30 WIB akan ada cahaya yang memasuki goa ini melalui lubang goa dari atas, yang membentuk seperti tirai-tirai cahaya yang turun ke bumi. Oleh sebab itu disebut dengan cahaya surga. Goa Jomblang berada di Jetis Wetan, Pacarejo, Kec. Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

4. Bukit Pengilon

Bukit Pengilon (Instagram/@abdugp)
Bukit Pengilon (Instagram/@abdugp)

Bukit Pengilon adalah salah satu spot wisata alam Jogja yang memiliki keindahan yang luar biasa. Meskipun bukit, spot wisata ini berada di area Pantai di Jogja yang berada di pesisir selatan, yaitu daerah Gunung Kidul.

Sehingga view pemandangannya sangat indah, apalagi jika melihat sunset dari tempat ini. Bukit Pengilon cocok untuk kalian yang menginginkan suasana nyaman dan melihat pemandangan dengan keindahan yang luarbiasa.

Tempat ini berada di Area Hutan, Purwodadi, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

5. Tebing Breksi

Tebing Breksi. (Instagram/@aryajakasatria)
Tebing Breksi. (Instagram/@aryajakasatria)

Keindahan panorama Indonesia memang tidak ada habisnya, salah satunya adalah Tebing Breksi yang berada di Gn. Sari, Sambirejo, Kec. Prambanan, Sleman. Tempat ini tadinya adalah bekas tambang batu kapur yang disulap menjadi tempat wisata.

Terdapat banyak ukiran dan spot foto yang bisa digunakan para pengunjung. Dari area tambang menjadi tempat wisata dengan sentuhan seni yang indah.

Tempat ini juga bagus dikunjungi saat malam hari, karena ada banyak lampu yang menerangi, sehingga ukiran-ukiran pada tebing nampak terlihat semakin indah.

6. Kebun Bunga Matahari Pantai Samas

Kebun Bunga Matahari Pantai Samas Jogja (Instagram/@adipati)
Kebun Bunga Matahari Pantai Samas Jogja (Instagram/@adipati)

Kebun yang dipenuhi dengan bunga matahari ini berada di Pantai Samas Bantul. Bayangkan saja, bunga matahari saja sudah cantik dengan warna yang ceria, apalagi bunga ini tumbuh memenuhi kebun.

Tak heran, banyak artis yang datang kesini untuk berfoto dengan bunga-bunga matahari yang sedang bermekaran. Ramai orang yang mengunjungi tempat ini untuk menikmati keindahannya.

7. Kebun Buah Mangunan

Berburu Kabut di Kebun Buah Mangunan Yogyakarta. (Suara.com/Dany Garjito)
Berburu Kabut di Kebun Buah Mangunan Yogyakarta. (Suara.com/Dany Garjito)

Negeri di atas awan, itulah julukan untuk tempat ini. Karena tempatnya yang berada di ketinggian sehingga pengunjung merasakan seperti berada di atas awan.

Bukan hanya itu saja, di tempat ini pengunjung bisa mempelajari tentang tumbuhan khususnya buah-buahan. Selain itu juga ada semacam pemeliharaan sapi dan juga rusa.

Tempat ini sangat indah, cocok untuk kalian yang menyukai fotografi dan ingin mengabadikannya. Kebun Buah Mangunan berada di Desa Mangunan, Kec. Dlingo Kabupaten Bantul Yogyakarta.

8. Hutan Mangrove Kulonprogo

Mangrove Kulonprogo (Instagram/@antoniuspangestuwidodo)
Mangrove Kulonprogo (Instagram/@antoniuspangestuwidodo)

Awalnya hutan ini didirikan sebagai wilayah konservasi dan juga untuk mencegah terjadinya abrasi. Namun kini telah beralih menjadi obyek wisata yang sangat diminati pengunjung. Hutan bakau ini terlihat memukai karena terlihat sangat asri dan menyejukkan.

Ditambah adanya jembatan khas yang dibuat dari kayu serta berbagai spot foto lainnya. Di area ini juga terdapat goa yang dapat kalian kunjungi.

Serta kalian bisa naik kapal mengelilingi kawasan hutan mangrove sekaligus menikmati keindahannya. Lokasi Hutan Mangrove ini berada di Dusun Pasir Mendit, Desa Jangkaran, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo.

9. Puncak Becici

Puncak Becici (Instagram/@ade_ariess)
Puncak Becici (Instagram/@ade_ariess)

Siapa yang tidak kenal dengan tempat ini, pesona hutan pinus dan pemandangan dari atas yang mengagumkan, serta udara yang sangat menyejukkan. Bahkan mantan Presiden Amerika Serikat yaitu Obama, beberapa waktu lalu mengunjungi tempat ini.

Terdapat banyak spot foto yang bisa kalian gunakan di tempat ini. Banyak orang yang datang untuk melakukan sesi foto ataupun pembuatan video di Puncak Becici.

Kalian juga bisa menikmati sunset serta camping bersama teman atau keluarga. Lokasi tempat ini berada di Gunungcilik RT. 07 RW. 02 Muntuk, Dlingo, Bantul.

10. Bukit Bintang

Bukit Bintang Gunungkidul (Instagram/@albetgunawan_)
Bukit Bintang Gunungkidul (Instagram/@albetgunawan_)

Dari namanya saja sudah menarik bukan. Disebut Bukit Bintang karena tempat yang berada di ketinggian ini saat dikunjungi pada malam hari akan tampak lampu-lampu yang terlihat seperti kumpulan bintang.

Tempat ini sangat cocok untuk kalian yang ingin mendapatkan nuansa romantis dengan pasangan kalian.

Kalian juga dapat melihat sunset dari tempat ini. Bukit Bintang cocok dikunjungi saat sore hingga malam hari.

Lokasi tempat ini berada di Bukit Patuk, Kec. Patuk, Kab. Gunungkidul Yogyakarta.

11. Hutan Pinus Pengger

Pinus Pengger (Instagram/@mysuitcasejourneys)
Pinus Pengger (Instagram/@mysuitcasejourneys)

Tempat ini mirip dengan Puncak Becici karena spot utamanya adalah hutan pinus. Namun bedanya adalah spot foto yang ada di tempat ini.

Disini yang terkenal adalah City Light Yogyakarta, yaitu kalian bisa berfoto di atas tempat yang sengaja di desain menyerupai tangan yang terbuka dengan latar belakang kerlap kerlip lampu dari kota Yogyakarta.

Hutan Pinus Pengger berada di Jl. Dlingo-Patuk, Sendangsari, Terong, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

12. Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis. (Suara.com/Dinar Surya Oktarini)
Pantai Parangtritis. (Suara.com/Dinar Surya Oktarini)

Pantai yang sangat terkenal di Yogyakarta ini pasti sudah sering kalian dengar. Pantai dengan keindahan pasir hitam dan aura mistis yang kental.

Kalian akan menikmati sunset yang indah serta udara yang menyejukkan. Di pantai ini juga banyak penginapan yang bagus dengan pemandangann yang menakjubkan.

Pantai Parangtritis yang beralamat di Kecamatan Kretek daerah Parangtritis Kab. Bantul Yogyakarta ini juga sering digunakan untuk pengambilan foto dan video.

13. Taman Sungai Mudal

Sungai Mudal (Instagram/@ridwan_arfani)
Sungai Mudal (Instagram/@ridwan_arfani)

Mudal adalah sebuah mata air yang memancar dari kedalaman gua di kawasan Girimulyo, Kulon Progo. Dinamakan Mudal karena sumber air ini selalu memancarkan air sepanjang tahun hingga dapat mencukupi kebutuhan air bersih bagi warga sekitar melalui pipa-pipa.

Tempat ini sangat cocok untuk berenang maupun berendam sembari menenangkan pikiran. Karena lokasi tempat ini juga dipenuhi dengan pepohonan yang asri.

Lokasi tempat ini berada di Dusun Banyunganti, Desa jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta.

14. Pantai Nglambor

Pantai Nglambor (Instagram/@benikun_13)
Pantai Nglambor (Instagram/@benikun_13)

Jika berkunjung di pantai ini sudah dipastikan kalian tidak akan melupakan tempat ini. Keindahannya memang bisa dikatakan juara dikelasnya. Tidak kalah dengan pesona yang ada di pulau Dewata sekali pun.

Kalian wajib mengunjungi pantai ini jika sedang berada di Jogja. Fasilitas di tempat ini bermacam-macam, salah satunya kalian bisa melakukan snorkling sambil menikmati keindahan bawah laut.

Sungguh menyenangkan bukan? Sangat cocok untuk menghilangkan penat. Lokasi Pantai Nglambor berada di Dusun Ngandong, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul. Daerah Istimewa Yogyakarta.

15. Goa Pindul

Sejumlah wisatawan menggunakan pelampung menyusuri Goa Pindul di kawasan Desa Bejiharjo, Karangmojo, Gunungkidul, DI Yogyakarta, Jumat (8/7/2016). - (ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah/ama/aa.)
Sejumlah wisatawan menggunakan pelampung menyusuri Goa Pindul di kawasan Desa Bejiharjo, Karangmojo, Gunungkidul, DI Yogyakarta, Jumat (8/7/2016). - (ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah/ama/aa.)

Goa pindul dengan keindahan stalaktit dan stalagmitnya. Di sini kalian bisa mendapatkan ragam aktivitas wisata.

Diantaranya adalah cave tubing dengan menggunakan ban untuk menyusuri goa. Lalu ada river tubing, bedanya kalian akan menyusuri sungai saja. Selain itu juga ada kuliner khas Jogja yang bisa kalian coba.

Salah satunya kalian bisa menikmati wedang jahe setelah melakukan kegiatan. Bayangkan saja pasti akan terasa nyaman setelah cave tubing atau river tubing badan akan dihangatkan dengan wedang jahe.

Itulah tempat wisata bernuansa alam yang dapat kalian kunjungi saat di Jogja. Ingat untuk tetap menjaga protokol kesehatan ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak