alexametrics

Tips Manajemen Waktu ala Teknik Eisenhower Decision Matrix

Affansyafiq
Tips Manajemen Waktu ala Teknik Eisenhower Decision Matrix
Ilustrasi Manajemen Waktu (Stock Image)

Teknik ini adalah bagaimana kita bisa melakukan manajemen waktu dengan lebih baik, dengan memisahkan hal-hal yang kita lakukan ke dalam empat buah kategori.

Suara.com - Terbatasnya aktivitas di luar rumah karena pandemi Covid-19, membuat banyak orang harus melakukan semua kegiatan dari rumah. Alhasil banyak kegiatan di luar rumah seperti kerja dan sekolah yang harus dilakukan bersamaan dengan kegiatan di rumah. Akhirnya membuat orang kesulitan dalam mengelola waktu yang baik agar semua kegiatan dapat berjalan dengan baik.

Manajemen waktu merupakan suatu panduan yang terdiri dari perencanaan, pengendalian dan pengelolaan prioritas terhadap seberapa banyak waktu yang kita pakai dan gunakan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan. Kita harus memahami nilai waktu  untuk berhasil dalam aspek kehidupan dan pekerjaan.

Orang yang membuang waktu adalah orang yang gagal dalam mengatur pola hidup dan citra mereka sendiri. Manajemen waktu sangat penting dilakukan dalam rutinitas sehari-hari karena memiliki banyak manfaat bagi kita. Sebagai contoh, dapat menghindarkan kita dari prokrastinasi dan stres yang berlebihan.

Prokrastinasi alias menunda pekerjaan nyatanya menjadi persoalan banyak orang. Saat memiliki tugas yang segera mesti diselesaikan, sering kita justru memilih mengerjakan hal lain yang seharusnya dikesampingkan. Biasanya, ketika sering menunda pekerjaan kita dihantui dengan rasa takut dan stres yang berlebihan karena cemas akan pekerjaan yang belum terselesaikan tersebut.

Selain itu, manajemen waktu mampu membuat kita menyelesaikan banyak hal dan mengurangi waktu terbuang sia-sia. Hal itu karena dengan manajemen waktu, kita mampu menempatkan dan mengelola prioritas kerjaan berdasarkan tenggat waktunya.

Jika kita sudah mampu melakukan hal tersebut, kita akan terlatih untuk menggunakan waktu sebaik mungkin untuk melakukan hal-hal produktif dan tidak membuang waktu dengan sia-sia.

Lantas, bagaimana menerapkan manajemen waktu? Ada sebuah teknik manajemen waktu yang disebut Eisenhower Decision Matrix, yang diciptakan oleh Dwight Eisenhower. Inti dari teknik ini adalah bagaimana kita bisa melakukan manajemen waktu dengan lebih baik, dengan memisahkan hal-hal yang kita lakukan ke dalam empat buah kategori.

Keempat kategori tersebut dibagi berdasarkan seberapa mendesak dan seberapa penting kegiatan yang harus dilakuka. Berikut adalah 4 kategori Eisenhower Decision Matrix:

1. Penting dan mendesak

Dalam kategori ini, kamu hanya boleh memasukkan hal-hal yang sangat penting dan wajib kamu selesaikan hari itu. Sebagai contoh, kamu memiliki tugas untuk menyelesaikan draft skripsi sebagai syarat kelulusan sebagai mahasiswa dan tenggat waktunya adalah yang paling dekat diantara kegiatan lainnya. Oleh karena itu, kamu harus melakukannya sekarang juga tanpa harus ada pertimbangan untuk menundanya karena itu sangat penting dan mendesak.

Komentar