alexametrics

Supaya Nggak Boros, Pertimbangkan 5 Hal Ini Sebelum Kamu Beli Sesuatu

Latifah
Supaya Nggak Boros, Pertimbangkan 5 Hal Ini Sebelum Kamu Beli Sesuatu
Ilustrasi diskon belanja (pexels/@belart84)

Terapkan, supaya kamu jadi smart buyer dan kantongmu gak jebol terus!

Suara.com - Tak ada yang bisa memprediksi masa depan. Kenyamanan saat ini dengan pekerjaan tetap dan gaji besar tak menjamin hal itu akan terus terjadi selamanya.

Pandemi saat ini mengajarkan kita untuk lebih bijaksana dalam mengatur keuangan sehingga penghasilan yang ada tak boros dihabiskan untuk hal-hal menyenangkan semata. Anggarkan pula untuk tabungan dan investasi sehingga kondisi keuangan bisa lebih aman.

Nah biar kamu gak boros belanja, dan uang gajianmu habis begitu saja, coba deh pertimbangkan hal berikut ini sebelum kamu memutuskan membeli sesuatu.

1. Penting atau tidaknya

Hindari beli sesuatu karena kalap atau lapar mata. Sebelum beli, tanyakan dulu urgensinya, penting atau tidak, apakah harus beli sekarang, memangnya kalau tidak beli sekarang dampaknya apa?

Hal tersebut bisa menghindari kamu dari perilaku belanja impulsif. Tahu-tahu uang gajian habis, padahal gajian berikutnya masih lama.

2. Anggaran

Agar kamu tidak boros, biasakan membuat anggaran. Sebelum itu, coba catat pengeluaranmu untuk apa saja. Dengan begitu, setiap habis mendapatkan gaji, kamu bisa tahu berapa dana yang harus dialokasikan ke mana saja.

Sehingga kalau kamu menemukan ada produk diskon besar-besaran, kamu bisa langsung mengecek, apakah pengeluaran tersebut masuk anggaran atau tidak. Kalau tidak, jangan dipaksakan, apalagi bela-belain ambil cicilan.

Ingat! Cicilan itu gak gratis, harus kamu bayar tiap bulan. Dan ini tentunya akan membebani keuanganmu.

3. Detail produk

Biasakan sebelum membeli, perhatikan detail produknya. Terutama buat kamu yang hobi belanja online. Jangan sampai karena keburu terkesima dengan gambarnya yang bagus, membuatmu tidak teliti membaca spesifikasi.

Akhirnya barang yang datang beda jauh dari ekspektasi. Mau dibalikin gak bisa, ujungnya uang kamu terbuang percuma.

4. Alasan membeli

Hal lain yang harus dipertimbangkan saat beli produk adalah alasannya. Kenapa kamu harus beli produk itu. Apakah memang butuh, karena barangnya lucu, atau sekadar gengsi?

Kalau keuanganmu belum terlalu leluasa, artinya masih mengandalkan satu sumber penghasilan saja, yakni dari gaji, sebaiknya hindari membeli sesuatu karena alasan gak penting, salah satunya gengsi. Lebih baik alokasikan untuk investasi sehingga nantinya kamu bisa punya lebih dari satu sumber penghasilan atau mendapatkan passive income.

5. Kredibilitas

Dengan kehadiran marketplace, siapa saja bisa berdagang. Sayangnya, tak semua pedagang itu jujur. Karena itu sebagai pembeli, kamu harus cermat melihat bagaimana kredibilitas penjualnya. Misalnya dengan melihat tingkat kepuasan konsumen atau review produk.

Sah-sah saja menghabiskan gaji untuk melakukan sesuatu yang kamu suka. Tapi ingatlah, hidupmu tak hanya soal hari ini saja. Sisihkan penghasilanmu sekarang untuk masa depan yang lebih bahagia. Jangan boros-boros lagi, ya!