alexametrics

4 Rekomendasi Wadah Menulis Bagi Para Penulis Pemula

Xandra Junia In
4 Rekomendasi Wadah Menulis Bagi Para Penulis Pemula
Ilustrasi Menulis (freepik)

Menulis merupakan salah satu hobi yang bisa dijadikan karir di masa depan. Banyak tipe tulisan yang bisa kamu pilih. Ada artikel, puisi, cerpen, quote, maupun novel. Untuk kamu para pemula, selain mempelajari kata-kata sesuai KBBI dan tanda baca, kamu juga perlu melatih kemampuanmu merangkai kata-kata tersebut. Berikut ini rekomendasi 4 wadah menulis bagi pemula.

1. Buku catatan pribadi

Dimulai dari menulis apapun di catatan pribadimu. Bisa juga mengetiknya di sebuah software seperti note di ponsel atau komputermu. Diusahakan menulis setiap hari agar kemampuan merangkaimu semakin meningkat.

2. Blog pribadi

Jika sudah semakin percaya diri, mulailah membuat blog pribadi. Cukup menggunakan yang tidak berbayar seperti blogspot dan wordpress. Kamu bisa menulis apapun yang kamu suka. Misalnya, mengenai makanan, film, tempat wisata, game, dan lain-lain. Jangan lupa buat tulisanmu bermanfaat untuk orang lain saat membacanya. Terlebih jika gaya bahasamu unik. Mungkin mereka akan ketagihan dengan konten blog milikmu.

3. Platform penyedia penulis lepas

Poin ketiga ini sangat cocok untuk kamu yang ingin bekerja di sebuah media atau penerbit. Kamu dapat mencari informasinya di google. Banyak yang menyediakan wadah untuk penulis lepas artikel, puisi, cerpen, bahkan novel. Pelajari dulu syarat dan ketentuan yang sudah tersedia oleh platform tersebut.

Jika belum terbiasa dengan deadline, kamu bisa mencari yang waktunya bebas. Menulis lepas di platform seperti ini, seringnya kamu akan mendapatkan upah. Nilai plusnya lagi, tulisanmu akan dikoreksi oleh tim editor. Pada saat diterbitkan itulah, rasa bangga akan dirimu muncul karena karyamu diakui oleh orang lain.

4. Tempat penyedia lomba menulis

Mengikuti lomba menulis juga salah satu kegiatan mengasah kemampuan yang dapat menghasilkan reward. Tidak hanya uang, kamu juga akan mendapat sertifikat, ilmu baru, dan teman baru. Seru banget, kan? Jadi, bisa saling berbagi dengan sesama penulis. Informasi mengenai lomba ini banyak ditemukan di instagram.

Nah, itulah keempat wadah bagi kamu para pemula sebelum terjun sebagai penulis penuh waktu atau profesional. Jangan lupa untuk menulis setiap hari demi meningkatnya kemampuanmu tersebut. Semangat!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak