facebook

Waspada, Ini 5 Tanda Lingkungan Kerjamu Menghambat Perkembangan Diri

Restu Almalita
Waspada, Ini 5 Tanda Lingkungan Kerjamu Menghambat Perkembangan Diri
Ilustrasi ruang kerja (pexels.com)

Setiap harinya kita tak lepas dari interaksi dalam lingkungan kerja. Baik menjadi pelajar atau secara profesional. Iklim kerja menjadi salah satu faktor dorongan seseorang dalam mencapai tujuan dan kehidupannya yang lebih bahagia. Namun, bagaimana jika kamu selalu merasa tertekan? Yuk, simak 4 tanda bahwa lingkungan kerjamu menghambat perkembangan dirimu!

1. Atasan yang tertutup atas kritik dan saran

Atasan atau senior kamu yang tertutup terhadap masukan, baik kritik dan saran, bisa menjadi faktor bahwa lingkungan kerjamu menghambat perkembangan dirimu. Tindakan mereka secara tidak langsung mencerminkan bahwa ruang dialog menjadi tak mungkin. Struktur hanya bersifat komando, bukan kolaborasi. Alhasil, kamu jadi tak semangat dan daya kritismu menurun, disebabkan kamu mulai antipati terhadap apa yang terjadi di sekelilingmu.

2. Saling mengkritik dan bergosip

Saling mengkritik dan bergosip mungkin bisa jadi timbul karena adanya sistem yang tak mewadahi dengan baik semua pekerja. Mereka yang bergosip juga bisa menandakan adanya ketidakpuasan dan ketakutan secara bersamaan saat menyampaikan saran secara langsung. Ini tentu jadi penghambat untukmu sebab akhirnya kamu hanya fokus terhadap hal-hal negatif.

3. Masalah dipecahkan tanpa solusi yang jelas

Tak hanya secara pribadi, kita berkutat di masalah yang sama. Namun, saat bekerja sama pun hal demikian lumrah terjadi. Ketika timbul masalah, tak ada rekan kerjamu yang dengan tegas mengulas satu demi satu permasalahan yang sedang dihadapi, solusi yang harus didapat, dan rencana ke depan. Jika hal ini terus berlangsung, maka bukan tak mungkin kualitasmu dalam pemecahan masalah jadi berkurang dan tak terasah.

4. Anggota tidak bertahan lama

Tidak bertahannya anggota secara loyal, akan menghambatmu dalam bekerja dengan optimal. Kamu hanya pusing beradaptasi dan memilih rekan kerja untuk project tertentu. Tanpa adanya hasil yang signifikan.

Nah, keempat ciri atau tanda itu mungkin terjadi di sekelilingmu saat bekerja. Jika kamu merasakan salah satunya, segera antisipasi dan terbukalah dengan rekanmu yang lebih mengerti.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak