alexametrics

Percaya Nggak? 4 Hal Ini Bisa Bikin Kamu Mudah Mengendalikan Pikiran

ahmaddahri
Percaya Nggak? 4 Hal Ini Bisa Bikin Kamu Mudah Mengendalikan Pikiran
Ilustrasi Kebingungan. (pixabay)

Manusia memang tempatnya salah dan lupa. Hal ini wajar. Apalagi jika beban kerja dan tanggung jawab yang lain masih belum selesai. Pasti akan membuat kita melupakan sesuatu. Akibat pikiran yang tidak terkontrol biasanya mempengaruhi terhadap kesehatan badan.

Jika kamu sering mengalami hal itu, langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah istirahat dan berlibur sementara. Lalu mulailah dengan menata atau mapping segala kegiatan. Agar kamu tidak mudah lupa berikut beberapa hal yang harus kamu lakukan.

1. Mengamati berkas ingatan

Setiap orang pasti memiliki pengalaman dan kenangan-kenangan. Biasanya kenangan yang muncul itulah yang mempengaruhi daya ingatmu. Apalagi kalau mengingatkan pada mantan, aduh puyeng deh.

Mengamati berkas ingatan ini maksudnya adalah memilah mana yang harus diutamakan. Karena tipe-tipe manusia yang berbeda-beda jadi mapping ingatan itu penting. Agar tidak bertabrakan dengan pekerjaan kamu.

2. Jangan takut berhadapan dengan pengalaman yang mengerikan

Pengalaman yang mengerikan pasti pernah dialami oleh setiap orang. Entah jatuh dari kendaraan, ketemu hantu atau diselingkuhi mantan.

Jika kamu hanya terpaku pada pengalaman yang mengerikan itu, maka kamu tidak akan pernah mau mencoba dan menghadapi masa depan. Oleh sebab itu jangan takut menghadapi hal-hal yang berkaitan dengan pengalaman mengerikan. Dengan begitu ingatan atau pikiran kamu tidak terganggu.

3. Saat mengalami krisis sosial, maka bangkitkan semangat untuk melakukan hal-hal yang baik

Siapa yang pernah dijauhi di dunia kerja? Atau tidak memiliki teman? Atau pernah bersalah sehingga dikucilkan. Maka Langkah yang tepat adalah membangun semangat baru yang lebih baik.

Karena selagi kamu mau bergerak dan berintrospeksi diri untuk menjadi lebih baik maka krisis sosial yang kamu alami akan segera pudar karena energi positif yang selalu kamu bangkitkan dapat mempengaruhi kondisi sosial.

4. Berlatih dengan pasangan atau orang yang menurut kamu berharga

Melatih diri untuk survive itu lebih baik dari pada hanya berdiam diri dan melamun. Karena tidak ada kesuksesan tanpa kegagalan yang mendahuluinya. Melatih diri itu bisa kamu lakukan dengan pasangan, atau teman dekat atau siapapun yang kamu anggap berharga.

Melatih diri yang dimaksud adalah tidak lagi tenggelam dalam lamunan dan beban pikiran yang mengganggu. kamu bisa pergi memancing, mendaki gunung, berlibur kemana saja, yang jelas melatih diri untuk tidak hanya diam saja. Hal ini penting untuk menstabilkan pikiran.

4 hal di atas bisa kamu coba ketika kamu merasa tidak mampu mengendalikan pikiran. Karena sering melamun dan berdiam diri hanya akan membuat beban pikiran dan berdampak pada kesehatan kalian. Selamat mencoba!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak