facebook

Kantongi 5 Rahasia Ini Biar Fresh Graduate Cepat Dapat Kerja

Lintang
Kantongi 5 Rahasia Ini Biar Fresh Graduate Cepat Dapat Kerja
Ilustrasi Bekerja (Pixabay/Free-Photos)

Salah satu kekhawatiran fresh graduate adalah “gimana caranya untuk bisa cepat dapat kerja”. Persiapan yang matang di masa-masa pencarian kerja itu penting banget, kamu harus punya ‘rahasia’nya biar bisa cepat dapet kerja. Simak ya rahasanya berikut:

1. Jadi Pelamar yang Unggul

Langkah pertama untuk jadi pelamar yang unggul adalah berikan CV yang sempurna. Di CV kamu HARUS memuat komponen-komponen utama yang bisa menarik perhatian perekrut, tambahkan juga POWER WORDS biar perekrut makin klepek-klepek sama kamu. Jangan isi hal-hal yang gak penting misal, nomor sepatu atau ukuran baju, ya hehehe

2. Punya Soft Skill dan Hard Skill

Tingkatkan kemampuan diri kamu, bisa berupa soft skill maupun hard skill, jaman sekarang banyak banget workshop, kelas online, maupun kursus online yang bisa bantu kamu. Sertifikat yang kamu dapat itu bisa kamu lampirkan di CV  untuk yakinin perekrut kalau kamu berkompetensi. 

3. Tambah Pengalaman 

Selain  meningkatkan skill, kamu juga bisa coba untuk tambah pengalaman kerja di magang ataupun kerelawanan. Menambah pengalaman ini bisa mengimplementas ikan skill yang sudah kamu punya.

Ssstt… Ini dia rahasinya, orang-orang yang berpengalaman magang dan volunteering lebih dilirik HRD, lho!

4. Berikan First Impression yang Baik saat Wawancara Kerja

Kalau kamu berhasil sampai di interview, wajib banget untuk mempersiapkan diri yang sebaik-baiknya, kamu harus berikan performa yang PeDe dan All-In. Pelajari pertanyaan-pertanyaan yang sekiranya ditanyakan pada saat interview dan jawaban yang sesuai. 

5. Perluas Networking

Saat mencari kerja, kamu juga bisa banget buat memperluas jaringan kenalan, nih. Kamu bisa bangun jaringan secara offline maupun online. Cari teman sebanyak-banyaknya~

Gimana, nih fresh graduate? sudah siap untuk bekerja?

Melamar pekerjaan memang gak mudah, butuh tenaga kerja extra pula. Maka dari itu, tetap semangat dan terus berdoa kepada Tuhan, ya... 

Persiapkan juga mental kamu agar tidak mudah putus asa, selalu percaya akan segera dipertemukan dengan jalannya. Good Luck!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak