facebook

5 Situs yang Wajib Kamu Coba untuk Kerja Freelance

Fathyah
5 Situs yang Wajib Kamu Coba untuk Kerja Freelance
Ilustrasi kerja freelance (unplash.com).

Freelancer atau pekerja lepas saat ini menjadi profesi yang diminati sebagian orang. Pasalnya, pekerjaan ini digunakan untuk penghasilan tambahan di waktu luang. Mayoritas freelancer adalah mahasiswa yang mengambil projek akhir, baik itu untuk kegunaan mengisi kegiatan di CV (curriculum vitae), ataupun mencari uang saku tambahan.

Alasan lainnya, banyak orang yang merasa pekerjaan ini tidak memerlukan waktu, tenaga, dan pergi ke tempat terikat. Sebab sebagian projek freelancer hanya berlangsung sebentar, tergantung seberapa cepat pengerjaan seseorang tersebut.

Adapun 5 situs freelancer yang cukup banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Berikut situs-situs yang wajib anda coba jika ingin menjadi pekerja freelance.

1. Freelancer Indonesia

Situs ini memiliki lebih dari 1.000 kategori pekerjaan dari berbagai projek sesuai dengan bidang yang kamu mau. Akan tetapi, situs ini memiliki persaingan yang cukup ketat karena merupakan salah satu situs freelancer terbesar dan tertua di Indonesia.

Untuk itu, kamu harus berusaha semaksimal mungkin, minimal berhasil mendapatkan dua atau tiga klien dengan feedback yang bagus. Hal itu akan memudahkan mencari projek berikutnya. Situs ini juga memiki induk perusahaan dengan nama yang sama yaitu Freelancer yang dikhususkan untuk mencari pekerjaan dalam cakupan internasional.

2. Projects.co.id

Situs berikutnya bernama Project. Situs ini menjadi yang paling banyak dicari dan diminati orang dalam berbagai bidang. Pasalnya, tidak hanya bisa mencari projek saja, kamu juga bisa menjual produk digitalmu. Bahkan, kamu juga bisa mencari orang untuk mengerjakan produkmu. 

3. Sribu dan Sribulancer

Khusus untuk kamu yang memiliki kemampuan desain grafis atau sejenisnya, anda wajib mencoba situs ini. Kedua situs ini merupakan induk dari perusahaan yang sama, tetapi punya dua fitur berbeda. Sribulancer tidak hanya menjual projek desain grafis tapi juga menjual berbagai keahlian lainnya seperti digital marketing, translator, writer, hingga editing video.

4. Fiverr

Khusus situs ini, kamu bisa mendapatkan jutaan rupiah per proyek dengan menambah harga jasa secara keseluruhan yang dibayar mulai dari $5 per gig. Situs ini merupakan situs luar negeri yang banyak diminati freelancer di Indonesia. Jika proyekmu menarik bagi klien, tentu mereka akan menawarkan jasamu dan kamu bisa mengatur seberapa bayaran untuk biaya tambahan jasamu.

5. Envato Studio

Situs freelancer ini dikhususkan untuk penyedia produk dan layanan digital seperti script, template desain, template video, website, dan sebagiannya. Situs ini cukup mudah kamu ikuti karena kamu hanya harus daftar dan rajin mengunggah jasa-jasamu beserta sampel portofoliomu agar banyak orang yang tertarik.

Bagaimana menurut kamu? Apakah menarik? Silahkan dicoba ya

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak