facebook

6 Rekomendasi Film Tentang Perjuangan Atlet Indonesia, Ada Kisah Susi Susanti

Fathyah
6 Rekomendasi Film Tentang Perjuangan Atlet Indonesia, Ada Kisah Susi Susanti
Rilis poster film Susi Susanti: Love All. [Yuliani/Suara.com]

Perjuangan para atlet di bidang olahraga seringkali menginspirasi banyak orang. Dengan kegigihan dan kerja kerasnya, mereka membanggakan publik dengan segudang prestasi yang diraih.

Di balik itu semua, tentu ada proses jatuh bangun dan lika-liku yang menarik untuk diketahui. Sebab, mereka berkorban banyak hal untuk bisa menjadi atlet kebanggaan.

Berikut ini beberapa rekomendasi film tema atlet yang bisa ditonton selepas hype Olimpiade Tokyo 2020.

1. Susi Susanti: Love All

Film ini menceritakan perjalanan atlet bulutangkis Indonesia yaitu Susi Susanti. Pemerannya adalah Laura Basuki sebagai Susi yang sejak usia 14 tahun bergabung di Pemusatan Latihan Nasional Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI).

Di sana ia dilatih dan dibimbing oleh Liang Chiu Sia yang membuatnya berhasil meraih medali emas Olimpiade pertama untuk Indonesia. Bahkan Susi Susanti tetap berjuang mengharumkan tanah air, meski Indonesia saat itu tengah mengalami krisis ekonomi.

2. 6,9 Detik

Film satu ini diangkat dari kisah nyata atlet Indonesia yang memenangkan medali emas Asian Games 2018 yaitu Aries Rahayu Susanti, sang spiderwoman, atlet panjat tebing asal Purwodadi.

Menariknya, kisah Ayu yang merupakan anak dari orang tua dengan pekerjaan sebagai Tenaga Kerja Wanita (TKW) ini berhasil menjadi atlet kebanggan Indonesia.

Di tengah keterbatasan ekonomi, Ayu tetap semangat memperjuangkan mimpinya dengan terus berlatih keras, hingga akhirnya ia berhasil menjadi juara dan memecahkan rekor dunia dengan waktu 6,995 detik. Ayu mengalahkan rekor sebelumnya yaitu 7,101 detik. Uniknya lagi film ini diperankan sendiri oleh Ayu.

3. Srikandi

Film Srikandi disutradarai oleh Iman Brotoseno, menceritakan tetang kisah nyata tiga atlet panahan wanita Indonesia yaitu Nurtitriyana Saiman, Kusuma Wadhani, dan Lillie Handayani, yang berhasil meraih medali pertama Olimpiade 1988 di Seoul, Korea Selatan.

Film ini juga menghadirkan beberapa artis ternama yang menjadi ketiga atlet tersebut, seperti Chelsea Islan, Bunga Citra Lestari, Indah Permatasari, dan Reza Rahardian sebagai pelatih tim tersebut.

4. Cahya Dari Timur: Beta Maluku

Film ini mengisahkan tentang kisah nyata dari Sani Tawainella yang diperankan Chicco Jericho. Ia merupakan mantan pemain Tim Nasional U-15 Indonesia di Piala Pelajar Asia Tahun 1996. Ia kemudian ditugaskan untuk membawa timnya yang terdiri dari beragam agama, mewakili Maluku di kejuaraan nasional, yang bermaksud untuk menyelamatkan anak-anak di kampungnya dari konflik agama.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak