facebook

Heboh Drama Korea Nevertheless, Gambarkan Fenomena Codependent Relationship

hestika
Heboh Drama Korea Nevertheless, Gambarkan Fenomena Codependent Relationship
Han So Hee dan Song Kang (Instagram.com)

Sampai 17 Juli 2021, platform streaming film online Netflix telah menayangkan lima episode drama Nevertheless. Seperti yang kita tau bahwa alur dari drama ini menggambarkan kedekatan Yu Na Bi (Han So Hee) dengan Park Jae Eon (Song Kang) yang sampai saat ini belum ada kejelasan mengenai status hubungan mereka.

Sejak penayangan episode pertamanya, banyak netizen yang setuju bahwa drama ini menggambarkan hubungan yang toxic. Berikut merupakan beberapa cuitan netizen di Twitter mengenai drama Nevertheless:

"Asli deh, drama nevertheless cocok bgt buat orang-orang yang punya toxic relationship. Banyak banget pesan yang relate gitu dari nih drama," kata ana****.

"Aku lihat drama ini, awalnya mikir 'nabi ini kok kecanduan jae Hoon ya?' tapi setelah episode 3, aku sadar kalau Jae-Hoon emang menarik. Jadi ibarat toxic relationship gitu 'aku tau dia jahat tapi aku gabisa lepas dri dia' mungkin perumpamaan nya kek gini," sambung 4X4*****.

"Nevertheless itu drama bagus sih walaupun 'drama' banget, soalnya ngulik gimana seorang cowok toxic tuh mulai beraksi ke cewek-cewek yang bisa doi anggap 'target' yang bagus. Banyak pelajaran yang bisa diambil khususnya untuk berhubungan lebih jauh dan dalam," timpal cho*****.

Potret Lawas Song Kang (Instagram/@songkang_b)
Potret Lawas Song Kang (Instagram/@songkang_b)

Toxic relationship sendiri memiliki beberapa jenis seperti, gaslighting, codependent, Debbie Downer, dan lainnya. Tahukah kamu bahwa salah satu jenis toxic relationship yang digambarkan dalam drama ini yaitu codependent relationship?

Codependent relationship

Gambaran mengenai Na Bi yang sebenarnya ingin melepaskan hubungannya dengan Jae Eon, namun terasa sulit melakukannya merupakan gambaran dari codependent relationship. Pengertian dari codependent relationship sendiri adalah suatu hubungan ketergantungan di mana salah satu pihak mengambil keuntungan dari pihak lain. Codependent relationship sebenarnya dapat terjadi dalam berbagai jenis hubungan baik antar pasangan, sahabat, ataupun keluarga.

Seperti yang kita ketahui bahwa kebanyakan alasan Jae Eon pergi menemui Na Bi dikarenakan ingin bermalam di kediamannya. Pada episode empat, ketika Na Bi sakit pun, Jae Eon meminta Na Bi untuk pergi ke rumah sakit sendiri padahal semalam ia menginap di kediamannya.

Ciri-ciri codependent relationship

Sudah sepatutnya untuk kita menjauh dari hubungan yang seperti itu. Dengan mengetahui ciri-ciri codependent relationship akan membantu kita untuk cepat sadar jika kita sedang berada dalam hubungan seperti itu. Berikut merupakan ciri-ciri perilaku ketergantungan dalam codependent relationship menurut Counseling Recovery:

Han Sohee & Song Kang (Netflix)
Han Sohee & Song Kang (Netflix)

1. Sulit mengetahui apa yang diinginkan dan dibutuhkan

Karena terlalu bergantung dengan pasangan, terkadang kita sampai bingung dengan apa yang diinginkan dan dibutuhkan oleh dirinya sendiri.

2. Mendahulukan kebutuhan orang lain di atas kebutuhan diri sendiri.

“Nggak papa aku beliin dia barang-barang mewah yang penting dia bahagia.” Orang-orang tersebut akan merelakan kepentingannya sendiri demi kepentingan orang lain.

3. Sulit untuk mengatakan tidak dan menetapkan batasan

Ketika pasangan meminta kita melakukan sesuatu atas apa yang sebenarnya tidak kita suka, kita sulit untuk menolaknya. Kita tidak mengerti seberapa jauh batasan yang harus kita miliki dengan pasangan.

4. Sulit untuk mengakui perasaan terluka dan marah

Terutama jika pihak lawan mudah memanipulasi perasaan kita dan memiliki temperamen yang tinggi. Kita merasa takut untuk mengakui perasaan karena takut membuat pihak lawan marah atau merasa kecewa.

5. Fokus membuat orang-orang bahagia walaupun dirinya terluka

Jika kita terus melakukannya, maka hal tersebut hanya akan membuat kita mudah lelah, baik secara fisik maupun mental.

6. Lebih senang mengurus orang lain daripada diri sendiri

Karena rasa empati yang terlalu tinggi terkadang membuat kita lebih peduli terhadap orang lain dan melupakan diri sendiri.

7. Sulit percaya terhadap pendapatnya sendiri

Karena terlalu bergantung dengan pasangan kita merasa sulit untuk memutuskan suatu hal tanpa persetujuan pasangan.

8. Memiliki low self-esteem atau harga diri yang rendah

Hal ini akan membuat kita selalu fokus pada kekurangan kita dibandingkan mengembangkan kelebihan kita.

Han So Hee dan Song Kang (Instagram.com)
Han So Hee dan Song Kang (Instagram.com)

Kurang lebih ciri-ciri codependent relationship di atas telah tergambarkan dalam drama Nevertheless. Seperti saat Na Bi merasa tidak tau apa yang harus diperbuatnya dalam menghadapi Jae Eon. Na Bi juga sulit untuk mengungkapkan bahwa dirinya merasa cemburu ataupun marah kepada Jae Eon. Na Bi juga merasa malu untuk mengungkapkan bahwa ia memiliki rasa terhadap Jae Eon.

Bagaimana keluar dari codependent relationship?

Sebelum akhirnya kita benar-benar menggantungkan diri kepada orang lain, alangkah baiknya jika kita membuat batasan apalagi ketika kita baru mengenal orang tersebut. Sehingga kedepannya terhindar dari codependent relationship. Kita juga harus membuat batasan sekalipun itu dengan orang terdekat kita. Kita harus tau kapan kita harus ikut campur dengan permasalahan orang tersebut, kapan tidak. Jika kita tetap merasa sulit untuk keluar dari hubungan yang seperti, maka kita dapat datang ke seorang profesional psikolog.

Jika hubungan seperti ini terus dijalani, maka tidak mengurangi kemungkinan bahwa kita akan merasa sulit membuka hubungan untuk hubungan berikutnya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak