alexametrics

Bikin 5 Masker Wajah yang Praktis, Mudah dan Murah

Ares
Bikin 5 Masker Wajah yang Praktis, Mudah dan Murah
Ilustrasi masker lemon (unsplash.com)

Masih di rumah saja? Sudah mulai bosan?  Untuk menepis kebosanan selama tetap di rumah, yuk cari kegiatan untuk mengisi waktu luang.

Salah satu kegiatan yang menyenangkan dan bermanfaat adalah merawat diri. Merawat diri dari rumah di masa pandemi seperti sekarang ini tentu jauh lebih aman daripada harus melakukan perawatan ke luar rumah, seperti mengunjungi salon atau klinik kecantikan.

Kegiatan merawat diri yang mudah dilakukan secara mandiri salah satunya menggunakan masker wajah. Selain dapat memberi manfaat pada kulit, face mask juga dapat memberi sensasi yang baik  bagi tubuh karena bersifat menenangkan dan meningkatkan mood.

Di rumah, tak hanya bisa melakukan kegiatan masker wajah sendiri, tapi kita juga bisa membuat masker wajahnya sendiri lho. Dengan bahan- bahan alami yang murah, mudah didapat dan mudah dibuat. Kelebihan masker wajah berbahan alami adalah skala efek sampingnya yang sangat kecil, bahkan hampir tidak ada. Selain itu, penggunaannya juga aman jika dilakukan dalam jangka waktu yang lama.  Berikut ini bahan dan cara pemanfaatannya untuk digunakan sebagai masker wajah:

1. Bengkoang

Bengkuang mengandung karbohidrat, vitamin dan mineral dan serat. Bengkoang dikenal efektif mencerahkan kulit.

Kupas bengkoang, cuci bersih, tumbuk dagingnya, lalu aplikasikan sebagai masker pada wajah. Diamkan 20-30 menit, lalu bilas dengan air bersih. Masker ini berguna untuk mencerahkan wajah.

2. Kopi bubuk

Selain memiliki aroma yang khas, kopi juga mengandung antioksidan yang dapat melindungi kulit dari radikal bebas. Jika kulit wajah terpapar radikal bebas berlebih, tanda penuaan pun akan lebih cepat muncul. Antioksidan juga mampu mencegah penurunan kadar kolagen dan meningkatkan produksi elastin, sehingga kulit tetap terasa kencang.

Ambil 1 sendok kopi bubuk, tuangkan 3 sendok air panas, lalu aduk rata. Oleskan merata pada wajah sambil dipijat perlahan. Diamkan selama 15-20 menit, lalu bilas dengan air bersih. Masker ini berguna untuk mengontrol minyak di wajah dan menjaga elastisitas kulit.

3. Jeruk nipis

Jeruk nipis mengandung vitamin C, vitamin E, vitamin K, vitamin A, kalsium, kalium, magnesium, serta mengandung banyak antioksidan yang berguna bagi Kesehatan kulit.

Ambil jeruk nipis, belah menjadi 2 bagian, usapkan pada wajah hingga air jeruk nipis membasahi wajah secara merata. Diamkan selama 15-20 menit, lalu bilas dengan air bersih. Masker ini berguna mencegah jerawat, mengontrol minyak pada wajah, dan mencerahkan kulit.

4. Tomat

Buah tomat dikenal mengandung vitamin A, C, dan antioksidan yang, dinilai efektif untuk mengatasi kerusakan pada sel-sel kulit wajah. Bukan hanya itu, tomat juga dikatakan sebagai bahan alami yang mampu melembapkan dan menghaluskan kulit.

Pilih tomat yang sudah merah, iris tipis- tipis, tempelkan atau usapkan irisan tomat pada wajah hingga sari tomat membasahi wajah secara merata. Diamkan 20-30 menit, lalu bilas dengan air bersih. Maker ini berguna untuk mencerahkan kulit.

5. Mentimun

Mentimun memiliki beragam kandungan yang baik untuk kesehatan kulit. Kandungan air, Vitamin C, Vitamin B1, Vitamin A, biotin dan potasium yang dikenal ampuh masalah kulit seperti kulit wajah berminyak, kering, dan sensitif.

Iris tipis timun secara melingkar. Setelah itu oleskan pada wajah selama 15-20 menit, lalu bilas dengan air bersih. Masker ini berguna mengontrol sebum pada wajah, mencerahkan kulit, dan membantu mengurangi radang pada wajah yang sedang berjerawat.

Selamat mencoba.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak