alexametrics

Memperlambat Penuaan Dini, Ini 8 Keuntungan Memiliki Wajah yang Berminyak

Claudius Kevin
Memperlambat Penuaan Dini, Ini 8 Keuntungan Memiliki Wajah yang Berminyak
Ilustrasi Wajah Berminyak (medium)

Mengkilap, mudah berjerawat dan riasan sering tak menempel sempurna. Memiliki tipe kulit berminyak memang cenderung merepotkan karena dibutuhkan perawatan dan perlakukan khusus.

Kulit berminyak merupakan kondisi ketika kelenjar sebasea pada kulit menghasilkan terlalu banyak sebum. Sebum adalah minyak alami yang berfungsi melapisi kulit dan rambut. Produksi sebum berlebih membuat kulit terlihat mengkilap dan berkilau.

Kulit berminyak rentan terhadap penyumbatan pori, komedo dan menumpuknya sel kulit mati di permukaan kulit. Hal inilah yang menyebabkan orang yang memiliki kulit wajah berminyak mudah terkena jerawat.

Walaupun demikian, siapa sangka di balik permasalahan tersebut, kulit berminyak juga memberikan beberapa keuntungan serta manfaat. Apa saja? Berikut ulasannya.

1. Mencegah penuaan dini

Kandungan sebum pada kulit wajah merupakan salah satu anti aging alami paling ampuh dalam mempertahankan elastisitas kulit wajah. Produksi sebum pada kulitmu ini akan membuat wajah lebih kenyal dan tampak lebih muda.

Mungkin karena itulah, kita sering menemukan produk anti aging yang menggunakan minyak sebagai bahan bakunya. Jadi, bersyukurlah kamu yang memiliki kulit berminyak.

2. Menghindari bahaya dehidrasi kulit

Sebum juga terbukti sangat efektif untuk menghindari dehidrasi pada kulit yang akan berdampak buruk bagi kesehatan kulit. Tak hanya itu, sebum juga bisa mengontrol kadar air pada kulit wajah yang memastikan bahwa kulit memiliki cukup cairan.

Jadi, bagi kamu yang memiliki kulit wajah berminyak, tak perlu menggunakan produk penghidrasi kulit. Cukup aplikasikan saja produk pengontrol minyak secara rutin yang akan membuat kulitmu tampak lebih sehat dan natural.

3. Wajah tampak lebih cerah dan berkilau

Kamu mungkin mengira jika kamu memiliki kulit yang sangat berminyak, namun jika dirawat dengan rangkaian skincare yang tepat maka kulit berminyak akan terlihat glowing dengan alami.

Faktanya, kamu tak perlu repot menambahkan highliter untuk mendapatkan efek glowing, karena kulit yang berminyak akan menimbulkan efek bercahaya secara alami setelah kamu memoleskan makeup.

4. Kulit menjadi lebih halus

Kamu akan melihat perbedaan yang cukup signifikan antara kulit berminyak dengan kulit kering. Meskipun kulit berminyak lebih sering mengalami masalah, namun seseorang dengan wajah berminyak memiliki permukaan kulit yang lebih halus dan lembut.

Seiring dengan berjalannya waktu, maka kulit akan menjadi lebih lembut. Hidrasi alami ini akan memungkinkan kulit untuk beregenerasi lebih mudah.

5. Mendapatkan kelembapan secara alami

Zat sebum berlebih yang terdapat pada kulit berminyak juga bermanfaat dalam memberikan kelembapan pada kulit secara alami. Tak seperti kulit kering yang memerlukan serangkaian produk perawatan kecantikan, kulit berminyak hanya membutuhkan moisturizer untuk menjaga kesehatan kulitnya.

Menurut artikel yang pernah ditulis oleh Alan M. W. Porter, M.D., Ph.D. pada Journal of the Royal Society of Medicine, produksi minyak pada wajah ternyata dapat melembapkan kulit secara alami melalui penguapan keringat dan membuat kulit tak kering.

6. Tidak mudah mengalami iritasi kulit

Bersyukurlah bagi kamu yang memiliki kulit berminyak karena akan terhindar dari risiko mengalami iritasi kulit. Seperti eczema dan psoriasis yang bisa terjadi akibat kulit terlalu kering, sehingga menyebabkan iritasi.

Dalam hal ini, hidrasi ekstra sangat penting untuk menyingkirkan iritasi atau gatal-gatal. Namun, bagi kamu yang memiliki kulit berminyak, kulit akan terus merasa lembab sehingga hal ini bisa meminimalisir risiko iritasi kulit di wajah.

7. Melindungi kulit dari bahaya paparan sinar UV

Selain membuat kulit tampak lebih muda dan membuatnya terhindar dari bahaya dehidrasi, ternyata sebum juga sangat efektif untuk menangkal sinar UV yang akan meresap ke dalam kulit.

Dengan adanya lapisan sebum di permukaan kulit wajahmu, sinar UV tidak akan terpapar langsung di kulit karena harus menembus lapisan sebum terlebih dahulu. Tak hanya itu, vitamin E alami yang terkandung pada sebum sangat efektif untuk digunakan sebagai antioksidan atau penangkal radikal bebas.

8. Mudah mengaplikasikan make up

Beberapa penelitian mengatakan bahwa kulit berminyak adalah jenis kulit terbaik untuk mempermudah pengolesan makeup, karena makeup akan mudah menempel akibat minyak yang bersifat melembabkan wajah.

Selain itu, makeup juga akan bertahan lebih tahan lama jika menempel pada kulit yang berminyak. Beberapa makeup artist mengaku jika lebih senang untuk berurusan dengan wanita yang memiliki kulit berminyak karena mudah menyeimbangkan pengaplikasian makeup.

Nah itu dia keuntungan dan manfaat yang bisa kamu dapatkan dari kulit berminyak. Jadi, jangan terlalu panik atau kesal lagi ya jika kamu memiliki kulit berminyak. Semoga informasi ini bermanfaat.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak