alexametrics

Cucian Susah Kering Saat Musim Hujan? Ini Dia 4 Solusinya

Denisa
Cucian Susah Kering Saat Musim Hujan? Ini Dia 4 Solusinya
Pakaian yang sedang dijemur (Pexels/Karolina Grabowska).

Indonesia merupakan negara tropis yang hanya memiliki dua musim setiap tahunnya, yakni musim penghujan dan kemarau. Hal ini memberikan keuntungan bagi masyarakat Indonesia. Salah satunya pakaian yang dikenakan pun tidak memerlukan pakaian khusus layaknya musim dingin.

Musim kemarau dan musim penghujan memiliki beberapa kelebihan maupun kekurangan. Musim penghujan tentunya akan menyulitkan beberapa orang yang sering mencuci pakaian. Hal ini dikarenakan pakaian susah kering, sehingga bakteri maupun jamur akan lebih mudah menghinggap ke pakaian yang masih basah dan lembab, sampai akhirnya bisa menimbulkan bau tidak sedap.

Oleh karena itulah, beberapa cara di bawah ini siap membantu kamu supaya pakaian bisa cepat kering walaupun sedang musim penghujan:

1. Jangan merendam baju terlalu lama

Untuk kamu yang memiliki kebiasaan merendam baju terlalu lama, sebaiknya mulai ubah kebiasaan tersebut. Sebab merendam baju terlalu lama hanya akan membuat pakaian kamu tambah bau.

Bukan hanya itu, merendam baju terlalu lama juga bisa berdampak pada warna pakaian yang akan cepat pudar. Cukup rendam baju dalam waktu sekitar 30 menit saja sudah bisa untuk membuang kotoran-kotoran yang menempel pada baju dan celana kamu.

2. Gunakan deterjen 2in1

Mencuci memang sewajarnya menggunakan deterjen untuk membantu membersihkan kotoran yang ada pada pakaian sekaligus memberikan efek wangi pada pakaian. Ketika musim hujan tiba, sebaiknya kamu menggunakan deterjen yang memiliki kemampuan 2in1.

Deterjen 2in1 tidak hanya mampu membersihkan pakaian, namun juga mampu untuk membuat pakaian menjadi lebih lembut. Dengan begitu, kamu tidak perlu risau ketika pakaian kamu berhimpit-himpitan pada jemuran. Hal tersebut tidak akan mengubah tekstur dari pakaian kamu.

3. Membuat prioritas pakaian cuci

Jika sinar matahari benar-benar tidak muncul dan tertutup mendung, sebaiknya kamu membuat prioritas pakaian mana yang akan kamu cuci terlebih dahulu. Misalnya, pakaian yang lebih penting seperti pakaian kerja ataupun seragam sekolah.

Jangan mencuci semua pakaian kotor secara bersamaan, karena pakaian dengan jumlah banyak akan lebih susah kering daripada pakaian yang jumlahnya sedikit.

4. Gunakan handuk kering

Handuk kering ini sangat bermanfaat untuk membantu kamu dalam mengeringkan pakaian. Ketika pakaian kamu telah selesai dicuci, saat akan dikeringkan cobalah untuk memasukkan handuk kering ke dalam mesin cuci kamu.

Handuk kering di sini bisa berperan dalam menyerap air yang ada pada pakaian kamu, sehingga pakaian kamu bisa lebih cepat kering.

Jika tidak memiliki mesin cuci di rumah, kamu bisa menggulung pakaian kamu yang telah selesai dicuci dengan menggunakan handuk kering. Fungsinya sama saja, yakni handuk kering mampu menyerap kandungan air yang ada pada pakaian sehabis dicuci.

Itulah beberapa cara sederhana yang bisa kamu gunakan untuk membuat pakaian agar cepat kering. Dengan begitu, walaupun sedang musim penghujan, kamu tidak akan lagi mengalami permasalahan pakaian yang bau akibat belum kering secara sempurna.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak