facebook

5 Hal yang Perlu Dilakukan Dalam Menggali Potensi Diri

ahmaddahri
5 Hal yang Perlu Dilakukan Dalam Menggali Potensi Diri
Ilustrasi Potensi Diri. (Pixabay)

Setiap orang dibekali kemampuan dan potensi diri sejak lahir. Hal ini tidak bisa dipungkiri. Ketika beranjak dewasa ia akan mencari jati diri dan mengembangkan melalui interaksi-interaksi sosial dan pendidikan baik formal maupun non formal.

Oleh sebab itu perlu ada korelasi antara diri sendiri dengan apa saja yang ada di luar diri, demi menemukan atau menumbuhkan potensi yang dimiliki.

Hal ini memiliki manfaat yang luar biasa, karena dengan kemampuan yang sudah dimiliki dan digali lalu dikembangkan, akan berguna untuk kehidupan baik sekarang ataupun ke depannya.

Berikut adalah cara untuk mengetahui dan menumbuhkan potensi diri yang perlu Anda coba:

1. Mengenal diri sendiri

Mengenali diri sendiri adalah satu hal yang perlu dilakukan oleh siapapun. Untuk mengenal diri sendiri sangat banyak caranya, membaca, memperluas pergaulan, berinteraksi dengan siapapun tanpa batas, dan lain sebagainya.

2. Mencari tahu kelebihan dan kekurangan diri

Setiap orang pasti memiliki kelebihan dan kekurangan, dengan pengalaman yang panjang serta relasi yang luas, ditambah dengan mencoba berbagai hal maka akan ditemukan keutamaan dan kekurangan yang ada dalam diri kita. Hal ini menjadi sangat penting dalam menjalani kehidupan ini.

3. Menerima semua kritik dan saran

Tidak banyak di antara kita yang cenderung menutup diri atas saran dan kritikan dari orang lain. Hal ini menjadi batas untuk memunculkan potensi yang sebenarnya ada di dalam diri kita.

Oleh karenanya kita harus bersikap open mind terhadap saran dan kritik dari siapapun, karena dengan begitu kita akan mampu menemukan dan menumbuhkan potensi yang ada di dalam diri kita.

4. Mencoba hal baru

Setiap potensi yang ada di dalam diri pasti berkaitan dengan pekerjaan dan kehidupan kita. Oleh sebab itu mengenali potensi diri perlu juga dengan tidak takut untuk mencoba hal baru. Hal ini sejalan dengan pemahaman bahwa setiap orang wajib untuk belajar dan selalu belajar.

5. Membiasakan diri untuk berpikir dan bersikap positif

Menggali potensi diri memerlukan konsistensi diri. Salah satunya adalah dengan membiasakan diri untuk berpikir positif dan membiasakan diri untuk bersikap positif. Dengan begitu potensi yang ada di dalam diri tanpa sengaja akan muncul dan berdampak positif bagi kita.

Itulah 5 hal yang perlu dilakukan untuk menggali dan mengembangkan potensi diri. Di mana potensi yang kita miliki akan berdampak dan memberi manfaat kepada kehidupan kita dan lingkungan sekitar.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak