facebook

5 Kebiasaan Kecil yang Membuat Keuanganmu Jadi Sehat, Belanja dengan Cash!

Riva Khodijah
5 Kebiasaan Kecil yang Membuat Keuanganmu Jadi Sehat, Belanja dengan Cash!
Ilustrasi uang (pexels.com/Ahsanjaya)

Semua orang bisa berpenghasilan, tapi tak semua, bisa mengelolanya dengan baik. Supaya keuanganmu lebih sehat, ada beberapa kebiasaan kecil yang dapat kamu latih mulai sekarang. Apa saja?

1. Membiasakan diri untuk menabung di awal bulan

Ada banyak manfaat dari menabung, tapi yang paling penting adalah persiapan dana darurat. Ketika ada sesuatu yang tak terduga, kondisi keuanganmu tetap aman.

Meski kebiasaan ini sangatlah baik, akan tetapi masih banyak para pekerja yang sulit menabung. Untuk mengatasinya, kamu bisa mulai dengan selalu menyisihkan dana tabungan di awal bulan setelah gajian, sehingga uangmu masih utuh.

Buat rekening yang berbeda, khusus untuk tabungan. Bila perlu, tak perlu dibuatkan kartu ATM-nya, supaya kamu gak tarik-tarik melulu.

2. Belanja dengan uang cash

Coba deh, sesekali belanja dengan jumlah sama, dan bandingkan antara belanja dengan uang digital dan uang tunai. Pasti berbeda sensasinya.

Kalau uang digital, kamu gak merasa berat untuk mengeluarkan, karena hanya berupa angka-angka yang kamu lihat di gadget. Beda ketika kamu belanja menggunakan uang tunai, yang bisa kamu pegang secara fisik. Rasanya tak rela jika harus belanja banyak. Makanya, belanja dengan uang tunai ini bisa mengerem keinginan belanjamu.

3. Prioritaskan bayar cicilan atau hutang

Usahakan sebelum dibelikan macam-macam, lunasi dulu hutang atau cicilan. Selain menghindari bunga, kalau kamu berhutang pada personal, pasti dia akan senang karena kamu sudah melunasinya tepat waktu.

4. Belanja grosiran

Bagi yang sudah berkeluarga, ada baiknya sebelum belanja kebutuhan bulanan, sudah dicatat dulu, barang apa yang mau dibeli beserta jumlahnya. Karena beli sekaligus banyak, biasanya mendapat harga yang lebih murah. Lumayan, kan, buat berhemat.

5. Buat anggaran

Kadang kalau sudah gajian, jadi kalap. Ingin beli apa pun yang diinginkan. Saat tengah bulan, mulai deh panik karena keuangan menipis. Dan di akhir bulan, menangis karena gajian masih lama.

Agar hal tersebut tak terjadi, ada baiknya kamu buat anggaran pemasukan dan pengeluaran. Sehingga kamu bisa tahu, bulan ini uangnya untuk belanja apa saja. Jadi, gak melulu lebih besar pasak daripada tiang.

Dari kebiasaan yang telah dijelaskan tadi, mana saja yang sudah kamu terapkan?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak