alexametrics

Tak Perlu ke Salon, Ini 5 Tips Mengatasi Komedo di Rumah Saja

Xandra Junia In
Tak Perlu ke Salon, Ini 5 Tips Mengatasi Komedo di Rumah Saja
Ilustrasi Hidung Tanpa Komedo (freepik)

Permasalahan kulit wajah tentu dapat mengganggu penampilan bahkan sampai mengurangi rasa percaya diri. Misalnya, komedo yang muncul akibat penyumbatan pada pori-pori.

Penyebab pori-pori tersumbat biasanya dikarenakan hormon atau stres berlebih. Pikiran akan lebih penuh lagi saat harus memikirkan pengeluaran untuk perawatan wajah ke salon.

Jangan khawatir! Di bawah ini ada 5 tips mengatasi komedo yang bisa menghemat biaya pengeluaranmu dan dilakukan di rumah.

1. Rutin Cuci Muka
Mencuci muka secara rutin dapat menjauhkanmu dari berbagai masalah kulit. Salah satunya, komedo di area hidung dan pipi. Gunakan sabun pembersih yang kandungannya aman.

Namun, jangan terlalu sering juga dalam melakukan hal ini. Cukup dua kali sehari. Pasalnya, kulit akan kehilangan kelembapan, sehingga bisa menimbulkan luka karena terlalu kering.

2. Eksfoliasi dengan Bahan Alami
Eksfoliasi adalah kegiatan membersihkan dengan gosokan yang bermanfaat mengangkat sel kulit mati. Bisa untuk anggota tubuh maupun wajah.

Untuk menghemat biaya, kamu bisa eksfoliasi menggunakan bahan alami seperti kopi, teh, dan oatmeal.

Gosok wajah secara perlahan. Diamkan selama 10-15 menit, lalu bilas. Lakukan eksfoliasi rutin 1-2 kali seminggu.

3. Lakukan Uap Wajah
Tak perlu ke salon atau klinik kecantikan, uap wajah juga bisa dilakukan di rumah, lho. Fungsinya agar pori-pori kulit terbuka sehingga komedo yang tersumbat bisa dikeluarkan.

Rebus air panas, diamkan hingga sedikit hangat, dan tuang ke baskom. Kemudian, dekatkan wajah sampai uapnya mengenai kulitmu. Lakukan selama 10-15 menit.

4. Gunakan Clay Mask
Clay mask adalah satu jenis masker yang berbahan dasar tanah liat. Fungsinya ini dapat mengatasi berbagai masalah kulit, seperti kelebihan minyak, jerawat, serta komedo akibat pori-pori yang tersumbat.

Untuk lebih ampuh lagi, kamu bisa memilih clay mask dengan variasi arang hitam (charcoal). Sel kulit mati di wajahmu mampu terangkat oleh bahan satu ini.

5. Pakai Baby Oil
Tak hanya untuk perawatan bayi, kandungan mineral pada baby oil telah teruji ampuh mengatasi berbagai masalah kulit wajah, termasuk komedo.

Oleskan baby oil pada wajah lalu pijat hingga komedo keluar secara menyeluruh menggunakan kapas. Setelah itu, bilas dengan air dingin agar pori-pori yang melebar bisa tertutup kembali.

Itulah kelima tips mengatasi komedo tanpa harus pergi ke salon. Jika hanya bisa pilih satu, mana yang paling ampuh menurutmu?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak