alexametrics

5 Pelajaran Hidup yang Bisa Diambil dari Drama Itaewon Class

Denisa Shafadila
5 Pelajaran Hidup yang Bisa Diambil dari Drama Itaewon Class
Poster drama “Itaewon Class” (jtbcworldwide.com)

Sobat Yoursay pencinta drama Korea alias drakor pasti sudah tidak asing lagi dengan drama “Itaewon Class”. Drama yang mendapatkan rating tinggi ini ditayangkan pada stasiun televisi Korea, JTBC pada akhir Januari sampai Maret tahun 2020. 

Drama ini sukses menarik perhatian penonton Korea maupun internasional. Selain dikarenakan tokoh yang memerankannya, drama ini juga penuh dengan nilai-nilai kehidupan yang patut untuk dicontoh dan dipelajari oleh manusia.

Lantas, apa saja nilai-nilai yang bisa kamu dapatkan setelah menonton drama “Itaewon Class”? Simak selengkapnya:

1. Berpendirian teguh pada prinsip yang dipegang

Nilai ini ditunjukkan oleh tokoh utama yang bernama Park Sae Ro Yi. Di mana sang ayah telah berhasil mendidiknya menjadi anak yang berpegang teguh pada prinsip. Hal ini ditunjukkan pada episode pertama, ketika Park Sae Ro Yi disuruh untuk meminta maaf sambil berlutut. Dikarenakan hal tersebut bukan merupakan kesalahannya, ia bersiteguh tidak mau melakukan hal tersebut. 

Selain itu, tokoh utama merupakan sosok yang idealis, hingga temannya menganggap Park Sae Ro Yi adalah orang yang egois karena tidak mau mendengarkan pendapat temannya tersebut.

2. Menghilangkan batasan pada masyarakat

Drama ini sangat berani dalam menampilkan karakter para tokohnya. Hal yang membuatnya berbeda dengan drama lain adalah berhasil menghadirkan karakter transgender yang ingin diterima oleh masyarakat dan diperankan dengan sangat apik oleh aktris Lee Jo Young.

Selain itu, ada juga karakter bernama Tony Kim, seorang yang berasal dari Afrika, namun mencari ayahnya yang merupakan orang Korea. Jika ayahnya sudah ketemu, maka ia akan diterima sepenuhnya menjadi warga negara Korea.

3. Punya target

Untuk mencapai sebuah kesuksesan, manusia harus memiliki target dalam hidupnya. Target inilah yang akan digunakan sebagai pijakan ketika kamu mengalami suatu kegagalan, kamu tidak akan menyerah karena punya target untuk dicapai.

Hal ini digambarkan juga oleh tokoh utama, walaupun ada unsur balas dendam kepada lawannya, namun Park Sae Ro Yi berhasil melampaui lawannya tersebut dan membuktikan kesuksesannya. Target utama Park Sae Ro Yi adalah berhasil membawa usahanya bisa mengungguli usaha milik lawannya.

4. Unsur kekeluargaan dan persahabatan yang sangat kental

Hubungan antara tokoh utama dan sang ayah digambarkan sangat apik dan hangat, membuat penonton nyaman melihat kekeluargaan ini. Selain itu, Park Sae Ro Yi juga memiliki sahabat yang sangat loyal terhadap dirinya dan usaha yang mereka bangun bersama-sama. 

Tanpa sahabat-sahabat yang membantunya, Park Sae Ro Yi tidak mungkin bisa membuat usahanya tersebut maju dan berkembang.

5. Usaha tidak akan mengkhianati hasil

Masih ingat dengan tokoh transgender yang penulis ceritakan di atas? Namanya dalam drama adalah Ma Hyun Yi. Ia merupakan seorang koki dalam usaha yang dibangun oleh Park Sae Ro Yi.

Awalnya masakan Ma Hyun Yi memiliki rasa yang biasa-biasa saja. Sampai salah satu temannya memintanya untuk berhenti karena Ma Hyun Yi tidak ada perkembangan.

Namun Park Sae Ro Yi menahannya, ia merasa Ma Hyun Yi bisa berkembang, hingga akhirnya diberi kesempatan satu kali lagi. Dari situlah Ma Hyun Yi belajar memasak tanpa menyerah, sampai masakannya benar-benar enak, bahkan bisa menjuarai kompetisi memasak nasional.

Itulah lima pelajaran hidup yang bisa kamu ambil dari drama “Itaewon Class”. Selain menjadi sarana refreshing, drama Korea juga banyak mengandung nilai-nilai hidup positif yang tentunya dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak