facebook

4 Tren Sustainable yang Bermanfaat Banget Buat Lingkungan, Kamu Gak Ikutan?

Funcrev
4 Tren Sustainable yang Bermanfaat Banget Buat Lingkungan, Kamu Gak Ikutan?
Ilustrasi menggunakan tote bag sebagai tren peduli lingkungan. (Unsplash/Kevin Grieve)

Di era media sosial seperti sekarang, ada banyak tren dan challenge yang viral. Mulai dari yang sederhana seperti tren selfie di kaca kamar mandi, sampai terkesan keren karena peduli lingkungan dan gaya hidup sehat.

Lebih keren lagi apabila ada lebih banyak tren dan challenge seperti yang dapat bermanfaat buat ke depannya. Misalnya saja seperti tren peduli lingkungan, dengan memanfaatkan barang-barang bekas.

Tren kekinian yang berdampak positif memang sayang jika kamu lewatkan begitu saja. Selain bagus untuk kesehatan, tren ini juga membuat kita menjadi lebih berkontribusi menjaga lingkungan. Oleh karena itu, jangan lupa tren-tren kekinian yang sekarang lagi naik daun berikut ini.

1. Tren less plastics

Ilustrasi tas berbahan kain ramah lingkungan. [Unsplash/Annisa Ica]
Ilustrasi tas berbahan kain ramah lingkungan. [Unsplash/Annisa Ica]

Keberadaan sampah plastik di lautan sudah menjadi perhatian dunia sejak lama. Jumlahnya yang dianggap makin bertambah, mencemari lingkungan, dan mengancam kehidupan hewan di laut, sudah sangat mengkhawatirkan. Maka tak heran jika tren less plastics ini semakin banyak diterapkan oleh banyak orang. 

Beralasan kesadaran akan lingkungan sekitar, tren ini menjadi semakin diminati masyarakat. Mulai dari bawa kantung belanja sendiri berbahan kain (tote bag), membawa botol minum sendiri (tumbler), sampai tidak menggunakan sedotan plastik. 

Langkah kecil ini jika dilakukan bersama-sama, lambat laun akan menjadi lebih bermanfaat besar bagi lingkungan.

2. Tren menggunakan transportasi umum dan kendaraan non polusi

Ilustrasi menggunakan transportasi umum. (Unsplash/Shawnanggg)
Ilustrasi menggunakan transportasi umum. (Unsplash/Shawnanggg)

Polusi udara yang semakin mengkhawatirkan, membuat masyarakat berbondong-bondong untuk menciptakan tren baru dengan menggunakan transportasi umum. Selain biayanya yang terjangkau, tren ini juga dapat mengurangi polusi di udara yang terus menumpuk akibat meningkatnya penggunaan kendaraan pribadi.

Selain menggunakan transportasi umum, tren serupa yang juga baik bagi lingkungan adalah penggunaan transportasi non polusi seperti sepeda, papan luncur, bahkan menggunakan sepatu roda untuk berpergian ke tempat-tempat tidak terlalu jauh.

3. Tren upcycling

Upcycling adalah tren yang terus berkembang dan berkelanjutan untuk produk fesyen. Upcycling sendiri ialah memanfaatkan barang yang sudah ada. Seringkali menggunakan sedikit sumber daya dalam pembuatannya dan benar-benar membuat barang tak terpakai tidak menjadi limbah.

Daur ulang ini juga dapat meningkatkan kreativitas merek dalam membuat barang-barang unik, alih-alih membeli banyak pakaian berbeda untuk satu koleksi. Hasil dari tren ini akan mengurangi limbah fesyen dan menciptakan produk limited edition yang juga dapat diperjualbelikan.

4. Tren thrifting

Ilustrasi tren thrifting. (Unsplash/Chloe Evans)
Ilustrasi tren thrifting. (Unsplash/Chloe Evans)

Masih berhubungan dengan dunia fesyen, tren thrifting atau membeli pakaian bekas pakai juga sedang booming di kalangan anak-anak muda hingga dewasa. Selain harganya yang lebih terjangkau, kualitasnya pun masih dapat bersaing dengan produk-produk baru yang dijual di pasaran. Adapun secara tidak langsung, tren ini dapat mengurangi limbah pakaian bekas.

Itulah tadi 4 tren yang baik untuk kelestarian lingkungan. Selain mengurangi polusi, tren-tren tersebut juga dapat membuat kita menjadi semakin sadar akan kepedulian terhadap lingkungan. Dari keempat tren tersebut, kira-kira mana yang akan atau sudah kamu coba?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak