alexametrics

Sering Overconfidence? Kamu Perlu Pahami 5 Cara Ini!

Filsa
Sering Overconfidence? Kamu Perlu Pahami 5 Cara Ini!
Ilustrasi wanita (pexels).

Salah satu hal yang membuat kita terlihat selalu membawa aura positif adalah kepercayaan diri. Kepercayaan diri ini muncul ketika kita sudah meraih impian dalam hidup ataupun ketika kita diambang keberhasilan.

Namun, kepercayaan diri yang berlebihan juga dapat membuatmu lupa pada porsi awal kemampuanmu, sehingga kamu akan terlihat begitu sombong. Sifat sombong inilah yang akan membuatmu dijauhi oleh semua orang di sekelilingmu.

Perlu memahami secara pasti bagaimana caranya agar menghilangkan sifat kepercayaan diri yang berlebihan atau overconfidence. Setidaknya ada 5 cara ini yang bisa membuatmu terlihat lebih merendah kepada semua orang.

1. Bersikap lebih terbuka

Salah satu hal yang bisa membuatmu terlihat overconfidence dan sombong adalah bersikap tertutup terhadap semua orang. Cara untuk menghilangkan sikap tertutup tersebut, kamu harus membuka pergaulan dan wawasanmu lebih luas lagi.

Dengan cara ini kamu akan berpikir bahwa tidak semua hak berpusat dalam diri kita, sehingga kamu akan merasa masih ada suatu support system disekitarmu.

2. Tidak sombong dengan pencapaian diri

Seperti ulasan di atas, bahwa kepercayaan diri muncul ketika kita sudah mencapai tujuan dari hidup kita. Namun, terkadang kita lupa bahwa ada orang-orang pendukung disekitar mu yang membawamu di titik pencapaian dirimu. Tetaplah bersikap rendah hati, jangan bersikap seperti pepatah "kacang lupa kulitnya".

3. Menyadari bahwa Overconfidence itu tidak disukai oleh orang lain

Cara selanjutnya adalah kamu harus sadar dan mengetahui bahwa suatu hal yang berlebihan termasuk kepercayaan diri adalah sifat yang tidak disukai oleh banyak orang.

Ketika kamu sudah menyadari hal itu, maka kamu akan berpikir untuk tidak melakukan hal tersebut sama halnya dengan orang lain tidak menyukai hal itu.

4. Selalu menerapkan pepatah "Di atas langit masih ada langit"

Cara ini masih ada kaitannya dengan cara yang kedua. Kamu harus selalu ingat bahwa tidak ada manusia yang sempurna, karena yang sempurna adalah milik Allah semata. Dengan mempunyai prinsip ini, kamu akan selalu merendah diri dan menganggap semua orang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

5. Introspeksi diri

Yang terakhir kita harus selalu memahami diri sendiri. Kita harus menyadari bahwa diri kita selain memiliki kelebihan juga memiliki kekurangan. Ketika kita sudah berada di titik puncak pencapaian diri, maka kita harus melakukan evaluasi terhadap apa yang harus dikembangkan lagi dan apa yang harus dikurangi dalam diri.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan apabila kamu overconvidence,

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak