alexametrics

Ingin Hidup Bisa Menjadi Lebih Teratur? Coba Terapkan 5 Cara Ini

Denisa Shafadila
Ingin Hidup Bisa Menjadi Lebih Teratur? Coba Terapkan 5 Cara Ini
Ilustrasi Piring Sebagai Jam. (Pixabay/Corinna71)

Dalam menjalani sebuah kehidupan, pasti kamu sudah memiliki rencana-rencana yang akan dilakukan ke depannya. Entah itu rencana jangka panjang, maupun hanya sebuah rencana jangka pendek.

Rencana dalam hidup diperlukan agar kamu tahu ke mana arah dan tujuan hidupmu. Dengan begitu, kamu juga pasti sudah merumuskan hal-hal apa saja yang akan kamu lakukan.

Untuk bisa mendapatkan kehidupan yang teratur, kamu perlu melakukan beberapa hal. Berikut 5 di antaranya adalah seperti berikut ini:

1. Buatlah jurnal harian kamu

Dengan adanya jurnal harian, kamu bisa mencatat kegiatan apa saja yang kamu lakukan pada hari itu. Akan lebih baik jika diberikan keterangan waktunya, sehingga kamu bisa membiasakan diri untuk lebih disiplin dengan setiap jam yang kamu lalui.

Kamu juga bisa lebih menghargai waktu dan tidak akan membiarkannya terlewat sedetik pun, karena setiap detik dapat diisi dengan hal-hal yang bermanfaat.

2. Bersiap-siap satu hari sebelumnya

Jika hari ini kamu sudah ada jadwal kegiatan, maka siapkan segala keperluan pada satu hari sebelumnya. Dengan begitu, kamu bisa lebih teratur dalam menyiapkan semua hal yang diperlukan.

Kamu juga tidak akan ketinggalan salah satu barang, karena sudah kamu siapkan dengan baik dan benar bahkan sebelum hari-H tiba.

3. Merapikan tempat tidur 

Kegiatan merapikan tempat tidur ini kalau bisa kamu lakukan setelah bangun tidur. Hal ini dilakukan supaya bisa membangkitkan semangatmu untuk terus melakukan hal-hal secara lebih teratur.

Walaupun kelihatannya sepele, namun jika bisa dilakukan secara konsisten, maka kamu telah mampu membuktikan bahwa kamu bisa hidup teratur, dimulai dari tempat tidur kamu sendiri.

4. Letakkan segala sesuatu pada tempatnya

Hal ini memang terlihat sepele, namun percayalah jika ini akan sangat membantu kamu. Dengan meletakkan barang-barang sesuai pada tempatnya, kamu tidak akan risau karena kehilangan barang, sebab kamu sudah tahu ketika kamu meletakkan barang-barangmu. 

Dengan begitu waktumu tidak akan terbuang hanya untuk mencari barang yang hilang.

5. Kuatkan tekad

Hal utama yang harus kamu lakukan agar bisa mendapatkan hidup teratur adalah dengan menguatkan tekad dan yakin bahwa kamu bisa berubah menjadi lebih baik lagi.

Menerapkan hidup disiplin dengan menjalankan kegiatan sehari-hari menggunakan jadwal harian yang sudah kamu buat. Tanamkan dalam diri bahwa setiap detik itu sangat berharga, karena waktu tidak bisa diulang kembali.

Itulah kelima cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan hidup yang teratur. Dengan hidup secara teratur, tentunya kamu bisa lebih mudah untuk mencapai impian dan tujuan yang sudah kamu cita-citakan.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak