facebook

Awas, 5 Hal Sepele ini Bisa Merusak Hubungan Persahabatan Lho!

Denisa Shafadila
Awas, 5 Hal Sepele ini Bisa Merusak Hubungan Persahabatan Lho!
Ilustrasi sahabat yang saling bertukar cerita. (Pixabay/DGLimages)

Manusia merupakan makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri dan senantiasa membutuhkan bantuan orang lain. Oleh karena itu, dalam hidupnya manusia membutuhkan kehadiran seorang teman atau sahabat.

Sahabat merupakan seseorang yang sangat dekat dengan kamu dan mau berbagi kisah baik itu suka maupun duka. Sahabat akan selalu ada untukmu, entah saat kamu dalam keadaan baik ataupun buruk.

Akan sangat menyenangkan apabila hubunganmu dengan sahabat mampu bertahan dalam jangka waktu yang sangat lama, bahkan sampai kamu tua. Namun, sebaiknya kamu perlu berhati-hati, beberapa hal sepele justru bisa merusak persahabatan yang sudah kamu jalankan selama bertahun-tahun lho. 

Lantas hal-hal apa saja yang bisa merusak persahabatan?

1. Kecemburuan

Rasa cemburu bukan hanya bisa menghampiri sepasang kekasih, tapi bisa juga masuk dalam sebuah persahabatan. Entah itu cemburu karena karier, kisah percintaan, maupun cemburu karena teman yang lain. 

Misalnya saja kamu merasa cemburu karena sahabatmu terkadang lebih dekat dan lebih banyak menghabiskan waktu dengan sahabatnya yang lain. Hal ini sebaiknya mulai kamu hindari sebab dunianya tidak hanya tentang kamu terus.

Ia juga memiliki sahabat lain untuk diajaknya bermain dan berbagi cerita. Pahamilah dan cobalah untuk berpikiran positif bahwa sahabatmu tidak akan meninggalkanmu. 

2. Jarang curhat

Jarang berbagi cerita dengan sahabat juga bisa membuat hubunganmu dengannya semakin renggang lho. Bisa saja sahabatmu merasa bahwa dirinya bukan merupakan orang yang penting dalam hidupmu, sehingga kamu tidak bisa memberikan kepercayaan pada dirinya. 

Hal tersebut akan menimbulkan rasa insecure pada sahabatmu kemudian perlahan ia akan menjauh darimu. 

Coba ceritakan hal-hal yang menarik dalam hidupmu. Namun, jika kamu tetap ingin merahasiakan hal tersebut maka berikanlah penjelasan kepada sahabatmu kalau kamu hanya ingin menyimpan ceritanya sendirian. Dengan begitu sahabatmu akan paham dengan kondisi kamu.

3. Pertengkaran

Pertengkaran merupakan salah satu hal yang tidak bisa kita hindari jika berhubungan dengan orang lain. Seringkali kamu akan bertengkar dengan sahabat, entah itu karena hal yang sepele atau karena hal yang rumit sekalipun.

Namun, sahabat sejati akan selalu memaafkan kesalahan sahabatnya, sembari saling introspeksi apa hal yang kurang dan perlu untuk diperbaiki. Jangan sampai pertengkaran dibiarkan hingga berlarut-larut, karena hal tersebut benar-benar bisa merusak persahabatanmu.

4. Selalu menghakimi

Jangan terlalu sering melakukan penghakiman kepada sahabat, apalagi jika sahabatmu memang tidak berbuat salah. Hal ini tentu saja bisa mengurangi kepercayaan sahabat terhadapmu.

Selain itu, ia akan merasa tidak nyaman karena terus-terusan kamu hakimi. Sebagai seorang sahabat, tentu kita harus saling memberikan nasihat yang baik agar hubunganmu dan sahabat bisa menuju ke arah yang positif dan persahabatan dapat bertahan lama tentunya.

5. Tidak perhatian kepada sahabat

Dengan kehadiran sahabat kita bisa mendapatkan perhatian yang lebih banyak. Namun, perhatian tersebut tentunya harus bersifat timbal balik.

Jangan sampai cuek dan mengabaikan sahabat. Kamu juga harus memberinya perhatian agar sabahatmu bisa merasa senang serta merasa bahwa kamu selalu ada untuknya.

Pastinya kamu tidak mau jika hubunganmu dengan sahabat rusak begitu saja karena hal-hal yang sepele kan? Oleh karena itu, jagalah selalu hubunganmu dengan sahabat, karena tanpa mereka hidupmu pasti akan terasa hampa dan kurang bersemangat ketika menjalankan berbagai aktivitas.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak