alexametrics

Biar Tak Dianggap Hanya Ada Maunya, Berikut4 Tips Menghubungi Teman Lama

Funcrev Id
Biar Tak Dianggap Hanya Ada Maunya, Berikut4 Tips Menghubungi Teman Lama
Ilustrasi menghubungi teman lama. (Unsplash)

Memiliki kesibukan dan berinteraksi dengan orang-orang baru terkadang bisa membuat kamu kehilangan kontak dengan beberapa orang. Sama-sama memiliki lingkungan baru, mungkin akan menjadi sulit untuk meluangkan waktu bersama bahkan sekadar untuk mengirimkan pesan teks kepada seorang teman.

Belum lagi satu sama lain telah menjalani cerita yang berbeda. Tentu saja akan ada sedikit rasa canggung dan kurang nyaman untuk kembali memulai obrolan. Namun tidak perlu khawatir, berikut 4 tips mudah yang bisa kamu lakukan saat menghubungi teman atau kerabat yang telah lama tidak saling berkomunikasi tanpa harus merasa canggung.

1. Menyapa dengan panggilan akrab dan tanyakan kabar

Jangan terlalu banyak berpikir dan memperumit masalah. Jika dirimu ingin mengirim pesan kepada mereka, maka apa pun yang dirimu katakan kepada mereka akan cukup bagimu untuk melakukan percakapan. Meski dengan ungkapan sesederhana seperti "hai" atau hanya memanggil dengan akrab hal itu sudah sangat cukup untuk memulai pembicaraan.

Kamu bisa buka obrolan dengan menanyakan kabar. Dengan demikian kamu akan terdengar tetap akrab dan tidak saling melupakan satu sama lain.

2. Ajak bercerita tentang apa yang terjadi di masa lalu

Karena mereka adalah teman lamamu, wajar jika kalian memiliki banyak kenangan indah bersama di masa lalu, baik itu di sekolah atau perguruan tinggi bahkan di tempat kerja. Kamu selalu dapat menggunakan hal ini sebagai pembuka percakapan dan saling kembali mengirim pesan tentang kenangan atau acara yang menyenangkan.

Hal ini penting dilakukan untuk kembali saling mengakrabkan diri. Karena jalan yang ditempuh telah saling berbeda satu sama lain, tentu saja yang masih bisa menjadi kunci keakraban adalah kenangan dan cerita di masa lalu.

3. Bicarakan hal yang sama-sama disukai

Selain kenangan di masa lalu, hal-hal yang sama-sama disukai juga dapat menjadi kunci membuka kembali keakraban. Kamu bisa mulai dengan menanyakan bagaimana rasa kecintaan dia terhadap sesuatu tersebut, dan apakah masih sama atau telah berubah. 

Hal-hal yang sama-sama disukai di sini dapat berupa apa saja seperti, hobi, film, olahraga, makanan dan lain-lain. Hal ini juga dapat membuat kamu lebih luwes saat kembali menghubungi teman atau kerabat yang telah lama tidak saling berkomunikasi. Topik pembicaraan ini juga baik untuk menghilangkan rasa canggung.

4. Saling bercerita tentang kehidupan baru masing-masing

Meskipun terdengar sensitif namun teman yang tulus pasti akan saling mendengarkan satu sama lain. Kamu bisa lakukan ini dengan hal sederhana seperti membalas postingannya lalu memintanya bercerita tentang apa yang telah Ia alami, begitu pula dengan kamu.

Cara sederhana ini akan membuka kembali pintu keakraban yang mungkin sempat tertutup selama ini. Dengan mendengarkan cerita satu sama lain, hal tersebut juga dapat menjadi penjelasan kepada teman kamu bahwa saat ini masing-masing telah memiliki dunia baru. Meskipun demikian sebagai seorang teman tentunya kalian harus saling mengerti satu sama lain dan harus terus berkabar.

Itulah tadi empat tips untuk memulai kembali komunikasi dengan teman yang telah lama tidak berhubungan. Jangan biarkan dirimu terus-menerus merasa canggung yang pada akhirnya hubungan pertemanan yang dipertaruhkan.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak