alexametrics

Tidak Cuma Kue, 7 Ide Hadiah untuk Dosen Pembimbing Skripsi yang Dijamin Keren

Melynda Dwi Puspita
Tidak Cuma Kue, 7 Ide Hadiah untuk Dosen Pembimbing Skripsi yang Dijamin Keren
Ilustrasi Dosen (pexels)

Skripsi dianggap sebagai satu kata yang memiliki sejuta cerita bagi mahasiswa tingkat akhir. Skripsi tidak hanya disebut sebagai sebuah kewajiban untuk menuntaskan pendidikan sarjana. Namun, dalam masa mengerjakan skripsi, banyak suka duka yang biasanya dilalui mahasiswa. Termasuk pula harus berhadapan dengan dosen pembimbing.

Ada mahasiswa beruntung karena memperoleh bimbingan dosen yang baik hati. Tetapi adapula yang harus pasrah ketika dipasangkan dengan dosen galak atau sering disebut sebagai dosen killer. Walaupun ada beragam karakter dosen pembimbing (dosbing), mereka semua memiliki andil dalam kesuksesan lulusnya seorang mahasiswa. Oleh karena itu, sering terbersit untuk memberikan hadiah kepada dosen setelah lulus.

Kebanyakan hadiah yang diberikan kepada dosen adalah kue bolu. Padahal banyak ide kreatif hadiah-hadiah keren yang bisa diberikan kepada dosen. Berikut rekomendasi hadiah untuk dosen pembimbing skripsi yang menarik.

1. Bolpoin Grafir Nama

Bolpoin merupakan ‘senjata’ penting bagi orang penting di bidang akademik seperti dosen. Bolpoin tidak hanya digunakan untuk menulis saja. Tetapi bagi dosen, bolpoin berguna untuk mencoret-coret skripsi mahasiswa untuk revisi, hingga memberikan tanda tangan ACC (persetujuan).

Oleh sebab itu, memberikan bolpoin dengan grafir nama kepada dosen akan terkesan sangat eksklusif. Karena biasanya orang-orang penting sangat senang memiliki barang berkelas dengan nama sendiri termasuk bolpoin. Walaupun terlihat sederhana dan bentuknya kecil. Fungsi bolpoin sangatlah banyak bagi seorang dosen. Untuk harga bolpoin grafir nama dimulai dari harga Rp 8.000 hingga Rp 300.000.

2. Jam Meja Digital

Saat menghadap dosen untuk bimbingan skripsi, biasanya mahasiswa akan menuju ruangan khusus dosen. Dalam ruangan tersebut, bisa berjejer beberapa meja dosen. Pada umumnya, meja dosen didominasi dengan berkas-berkas. Cobalah berilah sentuhan barang premium pada meja dosen agar tidak terlihat monoton. Salah satunya dengan memberikan kado berupa jam meja digital.

Jam meja digital bisa digunakan sebagai pengingat waktu bagi dosen. Pasalnya dosen dikenal mempunyai kesibukan dan jam terbang tinggi. Baik mengajar, pengabdian, penelitian maupun bimbingan skripsi. Harga jam meja digital di marketplace berkisar antara 50.000 sampai 100.000 rupiah. Jenis yang ditawarkan juga beragam, mulai dari bentuk polos hingga lampu LED.

3. Kotak Kacamata

Kotak kacamata bisa menjadi kado terbaik bagi dosen berkacamata. Kotak kacamata tidak hanya berfungsi sebagai tempat penyimpanan kacamata saat tidak dipakai agar terhindar dari kotoran. Namun, kotak kacamata berjasa sebagai wadah yang bisa dibawa kemana-mana. 

Supaya lebih berkesan, usahakan beli kotak kacamata berbahan kuat dengan tambahan aksesoris lainnya. Misalnya kain microfiber dan cairan pembersih kacamata. Harga kotak kacamata sangat terjangkau, yakni mulai dari 10.000 sampai 100.000 rupiah.

4. Mouse Wireless

Di era serba teknologi saat ini, semua bidang kehidupan sudah berbasis digital. Ketika mengajar, sudah jarang ditemukan dosen yang menggunakan papan tulis. Biasanya papan tulis hanya digunakan untuk menjelaskan materi tertentu. Saat ini, lebih banyak dosen yang mengandalkan LCD dan proyektor. Oleh karena itu, ketergantungan dosen terhadap laptop sangatlah tinggi.

Coba berikan kado spesial berupa mouse wireless (tanpa kabel). Mouse tanpa kabel sangat berguna untuk menggeser layar ketika dosen berdiri. Harga mouse tanpa kabel cukup bervariasi yakni mulai dari 30.000 hingga ratusan ribu rupiah.

5. Tempat Pensil

Walaupun terlihat memiliki mobilitas tinggi. Jangan salah mengira jika dosen tidak membutuhkan tempat penyimpanan alat tulis. Tempat pensil digunakan untuk menyimpan bolpoin, pensil, type-x, hingga spidol papan. Belilah tempat pensil polos untuk dosen dengan harga sekitar 20 ribuan rupiah. Murah, kan?

6. Foto Karikatur

Jika kamu merasa sangat dekat dengan dosen dan beliau memiliki karakter yang ramah. Coba membayar jasa pembuatan karikatur foto. Bingkai foto karikatur dosen tersebut seindah mungkin. Kamu cukup mengeluarkan uang sekitar Rp 100.000-an rupiah untuk satu set foto karikatur beserta frame-nya.

7. Presenter Pointer

Dosen dikenal bertugas menjelaskan materi di kelas. Sebagai seorang presentator, pointer sangat berguna untuk memindahkan slide di power point. Pilihlah presenter pointer dengan laser agar dosen bisa memanfaatkannya untuk menunjuk LCD. Harga presenter pointer di marketplace dimulai dari Rp 50.000.

Demikian rekomendasi hadiah untuk dosen. Daripada memberi makanan yang tidak bisa bertahan lama. Lebih baik berikan barang bermanfaat yang bisa digunakan dan disimpan. Supaya ketika menggunakan kado pemberian kita, dosen selalu mengingat mahasiswa didikannya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak