facebook

Tak Cuma Dimakan Pakai Sambal, 7 Rekomendasi Olahan Makanan Ikan Asap

Melynda Dwi Puspita
Tak Cuma Dimakan Pakai Sambal, 7 Rekomendasi Olahan Makanan Ikan Asap
Ikan Asap (unsplash.com)

Bagi penggemar masakan ikan-ikanan, pasti sudah tidah asing lagi dengan ikan asap. Ikan asap diolah dengan cara diasapi dari proses pembakaran. Banyak jenis ikan yang biasanya diasap, mulai dari ikan tawar hingga ikan laut. Jika ikan tawar, biasanya ikan mas asap yang paling mudah dijumpai. Sementara ikan laut umumnya menggunakan ikan tongkol dan ikan pe (pari).

Kebanyakan dari penikmatnya, biasa menyantap ikan asap dengan sambal. Ikan asap dengan sambal ini sering disebut sebagai ikan asap penyet. Padahal ada banyak bumbu kaya rempah yang cocok dijadikan bumbu dasar ikan asap. Berikut 7 rekomendasi olahan ikan asap yang bisa dicoba agar tidak bosan dengan sambal penyet.

1. Mangut Ikan Asap

Mangut adalah sebutan gulai khas Jawa yang memiliki rasa cenderung pedas. Tingkat kepedasannya dari sedang hingga cukup untuk membuat lidah kepanasan. Di Semarang dan kawasan Pantura (Pantai Utara Jawa) lainnya, mangut biasanya menggunakan bahan utama berupa ikan pari asap. Kadang juga dicampur dengan tahu agar isinya lebih bervariasi. Adapula yang suka menambahkan sayur-sayuran pada mangut seperti rebung (bambu muda).

Bumbu mangut memiliki ciri khas berwarna kuning dan kental. Warna kuning dihasilkan dari campuran kunyit. Sedangkan kentalnya kuah mangut berasal dari tambahan santan. Maka tidak mengherankan jika mangut bercita rasa gurih. Jika ingin menambahkan aroma, boleh diberi beberapa lembar kemangi.

2. Sayur Lodeh Ikan Asap

Sayur lodeh merupakan penamaan dari olahan campuran beberapa sayur dengan kuah santan. Sayur yang digunakan ada banyak jenisnya, mulai dari terong ungu hingga kacang panjang. Masyarakat Jawa menganggap sayur lodeh tidak hanya sebagai pengganjal perut. Tetapi dalam proses pembuatannya, sayur lodeh menerapkan rasa solidaritas tinggi. Karena di masa kerajaan di Pulau Jawa berjaya, sayur lodeh dianggap sebagai penyatu seluruh lapisan masyarakat. Selain itu, sayur lodeh dipercaya mampu menolak bala. 

Biasanya saat membuat sayur lodeh, akan ditambahkan protein nabati seperti tempe atau tahu. Tetapi ternyata ikan asap, seperti ikan tongkol bisa dimanfaatkan sebagai bahan isian sayur lodeh. Selain menyajikan rasa gurih, sayur lodeh ikan asap akan memberikan aroma dan rasa berasap ketika memakannnya.

3. Ikan Asap Bumbu Rujak

Mendengar kata rujak biasanya terbesit akan buah-buahan segar dengan cita rasa asam manis. Padahal dalam olahan pelengkap nasi, juga ada bumbu rujak yang biasanya berupa ayam bumbu rujak. Ciri khas bumbu rujak ialah menggunakan bumbu merah dan gula jawa yang umum ditemui pada bumbu rujak manis.

Bumbu rujak juga bisa dipakai untuk ikan asap seperti tuna. Selain memiliki rasa sedikit manis karena penambahan gula jawa. Pada proses pembuatan ikan asap bumbu rujak bisa ditambahkan belimbing wuluh atau tomat untuk mengurangi bau amis dari ikan serta menambah cita rasa segar.

4. Ikan Asap Bumbu Rendang

Siapa yang tidak suka rendang? Masakan khas Minangkabau ini dikenal sebagai salah satu makanan terenak di dunia. Rendang diketahui menggunakan bahan baku daging sapi yang dimasak berjam-jam, untuk menghasilkan daging yang empuk dan bumbu yang meresap. Rendang banyak disukai karena sangat gurih akibat penggunaan santan. 

Berbeda dengan rendang daging sapi, rendang ikan asap tidak memerlukan waktu masak yang lama. Proses pemasakannya kurang lebih hanya 1 jam saja. Anda bisa memilih ikan pari asap yang memiliki tekstur renyah karena tulang lunak sebagai bahan utama rendang.

5. Ikan Asap Bumbu Merah

Diberi nama bumbu merah tentunya karena berwarna merah yang berasal dari cabai merah atau cabai keriting. Bumbu merah ini dikenal sebagai bumbu dasar masakan khas Nusantara. Selain rasanya enak, bumbu merah juga tergolong mudah dalam proses pembuatannya dan hanya menggunakan sedikit rempah.

Bumbu merah diketahui cocok untuk segala jenis masakan termasuk ikan asap. Anda bisa memakai ikan tongkol sebagai bahan baku utama. Dengan pengolahan yang cepat, Anda bisa segera menikmati ikan asap bumbu merah.

6. Opor Ikan Asap

Yang membedakan opor dengan gulai adalah cita rasa yang dihasilkan. Opor memiliki karakter rasa sedikit manis dan gurih. Opor juga bisa disajikan dengan warna putih ataupun kuning sesuai selera. Opor kuning menambahkan kunyit dalam proses pembuatannya. Opor biasanya menjadi menu andalan dan khas hari raya umat Islam yakni Idul Fitri. 

Jika Anda bosan mengonsumsi opor ayam. Cobalah mengolah ikan asap seperti cakalang asap atau ikan pari asap menjadi opor yang nikmat. Chef Rudy Choiruddin juga pernah mendemokan cara memasak opor ikan asap di salah satu stasiun televisi swasta.

7. Oseng Ikan Asap Cabai Hijau

Apabila dari tadi hanya rekomendasi resep masakan berkuah. Kali ini ada salah satu masakan kering olahan ikan asap, yaitu oseng. Bagi penyuka makanan pedas, pasti akan tertarik mencoba oseng ikan asap cabai hijau. Oseng ikan asap memanfaatkan teknik memasak dengan minyak yang sedikit. Sehingga hasil rasanya dihasilkan lebih asin, pedas, dan pekat.

Agar lebih nikmat saat menyantapnya, usahakan pilihlah ikan asap berukuran besar. Kemudian pisahkan bagian daging dari tulangnya. Selanjutnya daging ikan asap di suwir kasar.

Demikianlah rekomendasi masakan ikan asap yang wajib dicoba. Tertarik membuatnya?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak