alexametrics

Padahal Saling Sayang, 4 Hal Buruk Ini Sering Dilakukan Kakak Beradik

Xandra Junia Indriasti
Padahal Saling Sayang, 4 Hal Buruk Ini Sering Dilakukan Kakak Beradik
Ilustrasi Kakak Beradik. (pixabay)

Sudah merupakan rahasia umum bahwa di dalam sebuah keluarga seringkali terjadi sesuatu yang bisa mengurangi keharmonisan. Akibatnya, satu sama lain akan merasa canggung, bahkan banyak yang tidak saling bicara.

Meskipun dianggap buruk, namun kakak beradik yang melakukannya tersebut nyatanya saling menyayangi. Seperti 4 poin di bawah ini, hal-hal yang sering dilakukan oleh mereka.

1. Bertengkar

Tidak jarang antar saudara kandung akan mengisi kegaduhan di rumah dengan bertengkar. Entah apa itu alasannya, bahkan bisa dimulai dari hal-hal kecil. Orang tua seringkali merasa jengkel, namun jika sudah terbiasa hanya akan diam sampai anak-anaknya sadar diri dan saling memaafkan satu sama lain.

Bertengkar dengan kakak atau adik sepertinya sudah menjadi asupan sehari-hari. Meskipun sempat kesal, bahkan tumbuh kebencian, nyatanya mereka masih saling menyayangi. Tidak sedikit yang merasa kesepian saat sedang jauh dengan saudaranya tersebut.

2. Gengsi

Kamu juga mungkin merasa gengsi pada kakak atau adik. Misal, saat akan mengungkapkan rasa cinta dan sayang. Banyak yang menganggap hal tersebut sulit dilakukan. Terlebih mengucap kata "i love you" yang lebih mudah dilontarkan pada pasangan.

Entah apa alasannya, namun hingga saat ini masih banyak seseorang yang tidak pernah mengutarakan kalimat cinta pada saudara kandung. Kemungkinan mereka merasa malu dan takut berujung canggung.

Situasi ini juga seringkali dilakukan pada orang tua. Meskipun hubungannya dekat, banyak yang mengaku sulit untuk mengatakan rasa sayang secara langsung. Apakah kamu salah satunya?

3. Iri Hati

Pernahkah kamu iri terhadap kakak atau adik kandung? Alasannya sendiri bermacam-macam. Bisa karena pencapaian hidup mereka yang tinggi, lebih disayang orang tua, dan sifat-sifat positif lainnya. 

Iri hati dapat memicu rasa kesal, bahkan benci. Namun, semuanya perlahan sirna saat menyadari bahwa mereka adalah saudara yang baik dan mendukung apapun yang kamu lakukan. Cinta dan sayang pun bisa kembali pada tempatnya.

Memang seharusnya tidak menimbulkan rasa itu, karena sesuatu yang positif dari mereka dapat kamu jadikan bahan intropeksi guna kemampuan diri terus meningkat. Bisa juga dengan meminta bantuan kakak atau adikmu untuk mempermudah proses tersebut. 

4. Cuek

Kamu pasti punya kakak atau adik yang cuek. Banyak anggapan jika mereka dengan perilaku seperti ini merupakan seseorang yang kurang peduli. Padahal, tidak sedikit yang mengawasi dan memperhatikan saudaranya diam-diam.

Contoh, kamu tidak pernah menceritakan tentang hobi atah kesukaanmu padanya. Namun, suatu hari, mereka justru memberikannya sebagai kejutan. Bukankah berarti saudaramu peduli karena memang sayang?

Oleh karenanya, jangan membenci kakak atau adikmu hanya karena mereka cuek. Terlebih, saat kamu belum tahu persis makna sikap tersebut.

Nah, dari keempat hal yang dianggap buruk, mana yang pernah kamu terapkan pada kakak atau adik? Apakah hingga saat ini masih sering melakukannya?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak