alexametrics

Jangan Sampai Salah Pilih, Ini 4 Kriteria Teman Sejati

Lintang Larissya
Jangan Sampai Salah Pilih, Ini 4 Kriteria Teman Sejati
Ilustrasi Teman. (pexels)

Sering mendengar kalimat "Semakin dewasa maka teman akan semakin sedikit"?

Fakta tersebut memang benar adanya. Dilansir dari hellosehat.com, studi yang dipublikasikan Aalto University School of Science di Finlandia dan Oxford University, menemukan fakta bahwa aspek perilaku manusia sangat terkait dengan usia dan jenis kelamin. Studi tersebut mengatakan pula bahwa baik laki-laki maupun wanita akan kehilangan teman secara cepat saat memasuki usia 25 tahun.

Terkadang seiring bertambahnya usia kenyamanan tak selalu didapat dari teman yang banyak dan beragam, akan tetapi akan lebih memperhatikan kualitas daripada kuantitas. Tak semua teman dapat memiliki kualitas, berikut ini 4 kriteria teman sejati.

1. Dapat dipercaya dan bisa diandalkan

Tidak ada yang lebih penting dari kepercayaan dalam sebuah hubungan, baik pertemanan, percintaan, hingga keluarga. Seseorang yang dapat dipercaya dan diandalkan membuat kita semakin nyaman untuk berbagi kisah dan rahasia. Maka rahasia yang kamu bagi dengan temanmu dapat aman tanpa harus takut untuk disebar luaskan.

2. Selalu mendukung baik dalam susah maupun senang

Teman yang baik adalah teman yang berani untuk memberikan tepuk tangan apabila kamu sedang berada di atas, dan berani memberikan tangan saat kamu di bawah. Mencari teman yang mendukung baik susah maupun senang merupakan hal yang sedikit susah. Maka dari itu, bagi kamu yang sudah menemukannya, kamu harus berbangga diri ya.

3. Saling mengerti

Tak semua orang memiliki kesibukan yang sama dengan sahabat atau teman mereka. Bagi kamu yang bertanya-tanya mengapa temanmu jarang ikut berkumpul dengan teman yang lain atau jarang mengajakmu keluar untuk sekadar main, kamu tidak perlu bersedih. Pahami kesibukan temanmu, dengan begitu ia akan memahami kesibukanmu.

Persahabatan yang awet tidak hanya tentang seberapa lama menghabiskan waktu dengan teman atau sahabat, tetapi bagaimana kalian saling pengertian.

4. Dapat berkembang bersama

Teman yang baik tidak akan berusaha mengubah atau menyeret ke dalam hal yang tidak baik. Tidak akan membuat kamu untuk melakukan sesuatu yang membuatmu tidak nyaman atau membuat anda melakukan risiko kehilangan sesuatu yang penting.

Sebaliknya, teman yang baik adalah teman yang membawa kamu untuk berkembang menjadi orang yang lebih baik daripada sebelumnya. Apabila kamu membutuhkan saran, maka si dia akan memberikan saran yang membangun tanpa mempermalukanmu di depan umum. Carilah teman yang dapat memberikan motivasi dan dapat mendengar keluh kesahmu.

Jadi temanmu sudah memenuhi 4 kriteria di atas belum?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak