alexametrics

5 Biaya Hidup Usai Menikah Ini Perlu Kamu Siapkan

Xandra Junia Indriasti
5 Biaya Hidup Usai Menikah Ini Perlu Kamu Siapkan
Ilustrasi Kehidupan Setelah Menikah. (pixabay)

Menikah merupakan suatu prosesi yang menjadi impian hampir banyak orang di seluruh dunia. Mereka mendambakan kehidupan diisi bersama seseorang yang telah lama dicintainya. 

Namun, perlu diingat, bahwa menikah tidak hanya terpaku pada biaya akad dan resepsi saja. Kamu wajib mempersiapkan biaya lain yang nantinya dapat memenuhi kehidupan di masa tersebut. Apa saja sih kira-kira? Nah, berikut ini 5 diantaranya.

1. Kebutuhan rumah tangga

Kebutuhan pokok saat masih sendiri dan berumah tangga tentu berbeda. Tak hanya sendiri, kamu juga perlu memikirkan biaya seluruh anggota keluarga. Mulai dari, makan, pakaian, dan lain-lain. Oleh karenanya, kamu wajib mengatur keuangan bersama pasangan agar semuanya dapat terpenuhi.

2. Tagihan

Biasanya, berbagai tagihan diurus oleh orang tua. Namun, usai menikah nanti menjadi tanggung jawab kamu bersama pasangan. Beberapa diantaranya adalah listrik, air, dan gas yang paling umum ada pada hampir semua keluarga. Ditambah cicilan rumah, kendaraan, atau perlengkapan lainnya.

Maka dari itu, penting bagimu untuk menyisihkan penghasilan guna membayar tagihan tersebut. Kalau bisa, usai memperoleh pemasukan, usahakan langsung membayarnya agar tidak lagi merasa terbebani.

3. Anak

Anak merupakan anugerah yang hadir untuk mengisi kekosongan hidup berumah tangga. Tak hanya asal dibentuk, anak juga perlu dipertanggungjawabkan dengan membiayai kehidupan mereka minimal sampai punya penghasilan atau keiuarga sendiri. 

Biaya untuk anak ini bahkan sudah perlu disiapkan sebelum menikah. Mulai dari keperluan saat hamil, melahirkan, di usia balita, hingga pendidikannya nanti. Jangan lupa juga pikirkan kesenangan mereka dengan membelikan berbagai mainan atau hal lain yang disukai. 

4. Tabungan

Alur kehidupan tak pernah bisa ditebak oleh setiap manusia. Kamu dan yang lainnya hanya berperan sebagai pelaku dengan menjalani rencana Sang Pencipta. Untuk itu, akan sulit menebak sesuatu apa yang akan terjadi di masa mendatang. Bisa berupa hal baik maupun buruk.

Beberapa contoh, mulai dari anggota keluarga sakit atau tertimpa musibah lainnya hingga tiba-tiba diberhentikan dari pekerjaan. Misal, karena adanya penyebaran virus yang membuat sebagian perusahaan terpaksa melakukan pemecatan massal.

Dengan begitu, usai menikah kamu wajib mempersiapkan biaya untuk ditabung. Tanpa melihat nominal, yang terpenting adalah bisa menyisihkan berapa pun dari penghasilan. Gunanya agar kamu lebih siap dengan kondisi kehidupan di kemudian hari.

5. Hobi

Kehidupan yang monoton seringkali membuatmu bosan. Lalu, hobi menjadi satu alternatif yang dapat mengatasinya. Hal ini dikarenakan hormon endorfin (senang) dapat dipicu oleh berbagai aktivitas yang disukai.

Saat melakukan hobi juga bisa menghambat stres akibat banyak beban pikiran. Oleh karena itu, kamu perlu menyisihkan sekian persen penghasilan untuk kesenangan pribadi. Misal, membeli buku bagi yang suka membaca.

Situasi ini dipersiapkan agar kamu bisa lebih rileks serta tidak mengganggu biaya lainnya sehingga tetap dapat terpenuhi. Jadi, kamu tak perlu lagi merasa khawatir.

Itulah kelima biaya yang perlu disiapkan setelah menikah. Apakah kamu dan pasangan sudah memikirkannya?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak