facebook

4 Alasan Seorang Ibu harus Dekat dengan Sang Anak

vanecia conery
4 Alasan Seorang Ibu harus Dekat dengan Sang Anak
Ilustrasi ibu dan anak. (Pexels/Daria Shevtsova)

Sebagai orang tua, khususnya Ibu, pasti akan merasa bahwa ia sudah memiliki ikatan dengan anaknya karena ia yang melahirkan. Padahal, belum tentu lho. Seorang ibu harus membangun hubungan dari sejak kecil.

Banyak anak yang sulit mendekatkan diri kepada orang tua. Ada juga yang sulit untuk dekat dengan keduanya, sehingga lebih memilih salah satu sebagai tempat bersandar untuk cerita. Penting sekali untuk orang tua aktif dalam tumbuh kembang sang anak untuk menjaga kekompakan dan keharmonisan keluarga.

Selain itu, dilansir suara.com berikut  alasan mengapa seorang Ibu harus dengan anaknya. Yuk lanjut baca artikel ini ya!

1. Mengetahui apa yang anak inginkan

Seringkali sebagai orang tua, Anda tidak tahu apa yang anak sukai atau tidak. Anda hanya paham bahwa setiap harinya hanya perlu mengontrol dari jauh, memberi makan, dan berperilaku layaknya Ibu dan anak yang masing-masing memiliki kesibukannya.

Padahal, kita tidak tahu apakah sang anak sedang dalam fase atau kondisi yang seperti apa. Bisa saja sang anak sedang rapuh tetapi karena Anda tidak dekat dengannya, maka ia merasa untuk apa dia harus bercerita dan akhirnya hal tersebut dipendam sendiri.

Anda harus mengenal karakter, sifat, dan apa keinginannya. Terkadang orang tua hanya bertindak seperti apa yang mereka inginkan. Mereka ingin sang anak berprestasi, mereka memberikan kursus dan lainnya tanpa memikirkan kondisi fisik dan pikiran sang anak, capai atau tidak.

2. Kenangan yang tak terlupakan

Membangun hubungan dari kecil akan membuat sang anak memiliki kenangan yang akan teringat sepanjang masa. Ia akan merasa bahwa, ia memiliki keluarga yang sangat menyayangi, saling melengkapi, dan memberikan kebahagiaan. Bayangkan jika masa kecil anak sudah dipenuhi dengan kondisi keluarga yang tidak harmonis?

Hal itu akan berdampak  pada kesehatan mental dan dapat menyebabkan trauma. Sehingga, kenangan harus dibangun dan dipupuk karena kenangan bukan hanya soal menghabiskan waktu sejam dua jam, tetapi bagaimana  waktu tersebut dapat menjadi memori ingatannya. 

3. Membuat anak lebih "nurut" dengan orangbtua

Karena kedekatan yang sudah dibangun, sang anak akan merasa bahwa ia dapat berbicara santai tanpa melewati rasa hormat kepada orang tua. Ia akan berkomunikasi mengenai apapun baik hal kecil dan besar. Eits, sebagai orang tua jangan sampai Anda melewati batas privasi anak kalian ya.

Terbuka memang diizinkan dan penting tetapi harus ada batasan. Dengan kedekatan ini, jika orang tua tidak mengizinkan sang anak melakukan sesuatu, maka anak juga akan meng "iya" kan. 

4. Memiliki koneksi walaupun jarak jauh

Apakah kalian percaya dengan ikatan batin? Ya, jika Anda memiliki hubungan yang baik dengan anak, maka seiring berjalannya waktu akan ada koneksi yang saling terhubung.

Mengapa jarak jauh? karena anak akan memiliki keluarganya sendiri, atau bisa saja anak pergi merantau ke kota lain, tapi karena sudah adanya ikatan batin yang tidak akan pernah terlepas maka sang anak akan selalu ingat dengan kedua orang tuanya. 

Itu dia 4 alasan mengapa seorang Ibu harus dekat dengan anak. Semoga alasan di atas dapat membuka pikiran Anda. Jika tidak dimulai sekarang, lalu kapan lagi?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak